Disdik Kab. Tasikmalaya Optimistis Kurikulum 2013 Berlangsung Baik

oleh -2 views
Ilustrasi Kurikulum 2013
Arrief Ramdhani
Ilustrasi Kurikulum 2013
Ilustrasi Kurikulum 2013

KENDATI sebagian buku pegangan siswa belum terdistribusi, dan sarana penunjang belajar belum merata di setiap sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya optimistis,

Kurikulum 2013 masih bisa terlaksana secara baik. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, EZ Alfian memastikan, seluruh sekolah dari berbagai tingkatan sudah menerapkan kurikulum 2013.

“Kami akui, buku pegangan siswa merupakan persoalan dalam mengaplikasikan kurikulum 2013. Kendati demikian, persoalan itu bukan hambatan,” ucap Alfian saat dijumpai di Singaparna, Rabu (13/8/2014).

Pengadaan buku pegangan siswa, tutur Alfian, dilakukan oleh pemerintah pusat. Ketika berkoordinasi dengan pemerintah pusat, keberadaan buku pegangan siswa kurikulum 2013 memang belum mencukupi kebutuhan nasional.

Dari hasil koordinasi itu, dia mengungkapkan, sisa pendistribusian buku akan dilakukan pada akhir semester pertama tahun ajaran 2014-2015. “Untuk sementara, siswa berbagi dulu penggunaan buku pegangan,” ucap dia.

Menurut Alfian, hal terpenting penerapan kurikulum 2013 terletak pada kecakapan dan sikap guru. Guru didorong mampu menyisipkan pendidikan karakter pada setiap penyampaian materi ajar.

Terkait kesiapan sumber daya guru di Kabupaten Tasikmalaya, dia membenarkan, belum semua mengikuti bimbingan teknis kurikulum 2013. Namun, perihal itu dapat teratasi dengan sistem training of trainer.

Alfian menjelaskan, training of trainer memungkinan guru yang telah mengkuti bimtek memberikan pelatihan kepada guru lain. Bahkan, di SMAN 1 Tasikmalaya terdapat guru berstatus instruktur nasional kurikulum 2013 yang dapat menjadi pembimbing bimtek.

Pada akhir semester 2014-2015, pihaknya menjamin, seluruh tenaga pengajar di Kabupaten Tasikmalaya sudah mengikuti bimtek kurikulum 2013. “Misalkan metode training of trainer belum mengakomodi keseluruhan, kami akan kirim sisa tenaga pengajar ke Bandung untuk mengikuti bimtek,” ucap dia.(pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.