Disdik: Bocoran Kunci UN di Facebook Palsu!

oleh -1 views
Ilustrasi Facebook
Arrief Ramdhani
Ilustrasi Facebook
Ilustrasi Facebook

PARA siswa mulai diresahkan dengan beredarnya kunci jawaban Ujian Nasional (UN) di situs jejaring sosial media (sosmed) seperti Facebook dan Twitter.

Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar sendiri sudah menerima laporan adanya temuan kunci bocoran UN di tingkat SMA dan sederajat di dunia maya.

Disdik meminta agar para siswa yang menemukan kunci jawaban itu melaporankan ke sekolah masing-masing untuk kemudian ditindaklanjuti ke Disdik.

“Kemarin sore kita mendapatkan laporan soal adanya bocoran soal UN, siswanya yang langsung melapor ke saya,” kata Kepala Disdik Jabar, Wahyudin Zarkasih kepada wartawan usai meninjau pelaksanaan hari pertama UN di SMAN 1 Kota Bandung, Senin (14/4/2014).

Mendapat laporan tersebut, Wahyudin langsung melakukan penelusuran. Tim khusus dari Disdik telah melakukan penyelidikan perihal kebenaran beredarnya kunci jawaban.

“Kita langsung telusuri apakah itu benar atau tidak, kemudian kita rapatkan dan alhamdulilah itu tidak terbukti. Itu bukan kunci jawaban soal UN SMA,” tutur Wahyudin.

Wahyudin menyebut mekanisme soal UN tahun ini sangat sulit dimanipulasi. Selain soal menggunakan code barcode, pengamanan dari kepolisian juga sangat ketat.

“Dalam satu ruangan, soal UN setiap siswa itu berbeda. Ini kan susah kalau ingin berbuat curang,” jelas Wahyudin.

Dia menghimbau agar para siswa ataupun siswi tidak mudah percaya begitu saja dengan adanya temuan kunci jawaban yang beredar melalui situs jejaring sosial. Terlebih jika kebenaran kunci jawaban itu tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Saya berterima kasih ada siswa yang tidak percaya dan melaporkannya ke Disdik,” kata dia.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.