Disdik Batasi Pendaftar Pelajar dari Luar Sumedang

oleh -3 views
Ilustrasi PPDB
Arrief Ramdhani
Ilustrasi PPDB
Ilustrasi PPDB

DINAS Pendidikan (Disdik) membatasi pelajar luar Sumedang yang ingin belajar di sekolah-sekolah lanjutan menengah pertama dan atas yang ada di Sumedang. Menjelang penerimaan siswa baru tahun ajaran 2014/2015, beberapa sekolah yang ada di perbatasan Sumedang dengan Bandung banyak diincar pelajar dari Bandung.

“Kalau tidak dibatasi banyak sekali pelajar dari Bandung yang ingin belajar di sekolah-sekolah yang ada di Jatinangor dan Cimanggung,” kata Kepala Disdik, Eem Hendrawan, kemarin.

Menurutnya, alasan pelajar Bandung memilih belajar di Sumedang karena alasan dekat dengan tempat tinggalnya. “Selain itu biaya sekolah di Sumedang itu lebih murah dibanding sekolah yang ada di Bandung,” katanya.

Sehingga, terang dia, orang tua siswa itu memilih mencari sekolah di Sumedang. Pelajar yang memilih belajar di Sumedang itu berasal dari Cileunyi, Cicalengka dan Rancaekek, Bandung.

Disebutkan, Disdik membatasi pelajar luar yang ingin sekolah di Sumedang itu maksimal 10 persen. “Sekolah yang paling banyak diminati pelajar luar Sumedang berada di Jatinangor dan Cimanggung. Daerah itu lebih mudah diakses warga yang berada di perbatasan,” katanya.

Eem juga mengatakan pembatasan itu harus dilakukan bukan hanya karena soal jumlah siswa atau kuantitas saja. “Kami harus mengakui kualitas pelajar asal Bandung itu lebih bagus dibanding Sumedang. Ya istilah, pelajar dari Bandung itu malah yang juara kelas terus,” katanya.

Disebutkan juga pembatasan pelajar itu bukan hanya dilakukan oleh Sumedang saja. “Sama saja kalau pelajar Sumedang yang ingin ke belajar di daerah lain juga ada kuota,” katanya lagi.(jabar.tribunnews.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.