Discovery Learning, Cara Baru Belajar Kurikulum 2013

oleh -3 views
Ilustrasi Kurikulum 2013
Arrief Ramdhani
Ilustrasi Kurikulum 2013
Ilustrasi Kurikulum 2013

KURIKULUM 2013 menghadirkan beberapa perubahan mendasar tentang persepsi cara pembelajaran di sekolah. Jika sebelumnya siswa terpaku dengan proses pengajaran searah dari guru, kini mereka bisa menjadi subjek yang langsung melakukan pengamatan terhadap materi pembelajaran.
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan dalam proses implementasi Kurikulum 2013. Puncak yang hendak dicapai adalah kemampuan dalam berkomunikasi.

“Pertama mengamati, menanya, diskusi dan berkomunikasi. Kalau bisa dicoba (dipraktekkan), kenapa komunikasi? Karena kompetensi masa depan adalah kemampuan berkomunikasi,” ucapnya saat memberikan seminar “Kebangkitan Bersama Mencerdaskan Pendidikan Tertinggal” di Hotel Bumi Karsa Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (18/9/2014).

Keunikan Kurikulum 2013, tambahnya, adalah sistem discovery learning yang mendorong siswa untuk membentuk kelompok diskusi dan mencari tahu tentang berbagai hal di sekitarnya.

“Dahulu siswa mengagadap ke depan, sekarang anak tidak menghadap ke depan tapi sudah pakai kelompok, mengamati objek langsung, teks dan gambar,” bebernya.

Selain menghadirkan Wamendikbud, seminar yang diadakan Dikti Kemendikbud juga mengundang Wakil Presiden Indonesia Boediono yang akan berbicara di depan sekira 1.500 peserta program Sarjana Mengajar di daerah Terpencil, Terluar, Tertinggal (SM-3T).(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.