Di Sukabumi, Terdapat 560 Ruang Kelas Rusak

oleh -14 views
Ilustrasi Kelas Rusak (sukabumizone.com)
Arrief Ramdhani
Kelas
Kelas Rusak (sukabumizone.com)

DINAS Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, telah mencatat 560 ruang kelas di daerah kondisinya rusak, baik dalam kategori sedang maupun berat. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Maman Abdurahman mengatakan, ruang kelas rusak encapai 560 lokal. ” Mayoritas bangunan tingkat sekolah dasar,” kata Maman kepada wartawan.

Sementara itu, penyebab kerusakan ruang kelas disebabkan sudah lama tidak direnovasi, terkena bencana dan lain-lain. Namun, dibanding tahun 2006 yang jumlahnya 3000-4000 lokal, sekarang sudah jauh berkurang. Dengan bantuan Pemprov Jabar serta pemerintah pusat akhirnya secara bertahap ruang kelas yang rusak sebagian telah diperbaiki atau dibangun ulang. Data 2014 jumlah ruang kelas yang rusak masih berada di angka 700-an lokal, serta pada tahun ini ditargetkan seluruh ruangan bisa diperbaiki.

banner 728x90

” Proses perbaikan ruang kelas rusak itu masih ada kendala yakni di sisi anggaran, karena biaya yang dikeluarkan melalui APBD Kabupaten Sukabumi tidak mencukupi. Maka dari itu kami akan mengandalkan dana bantuan melalui dana alokasi khusus (DAK), bantuan APBD-P dan APBN,” ujarnya.

Lanjut Maman, pada tahun ini minimalnya 3/4 dari 560 ruang kelas yang rusak bisa diperbaiki sehingga layak untuk digunakan. “Sisanya akan diperbaiki pada tahun berikutnya,” pungkasnya. (sukabumizone.com)