Di Masa Kini, Lulusan SMK Juga Perlu Kuliah

oleh -6 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

KETIKA lulus SMP, banyak orang meneruskan pendidikan ke jenjang sekolah menengah atas (SMA). Sebab, mereka berpikir setelah lulus nanti akan melanjutkan ke perguruan tinggi atau berkuliah.

Tapi untuk masa sekarang, pendidikan tinggi tak hanya diperlukan lulusan SMA. Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) juga perlu kuliah berdasarkan kejuruannya.

banner 728x90

Produk Tim Jofom Indonesia, Ade Wisnu Brata, mengatakan, sebenarnya lulusan SMK tidak harus langsung bekerja. Contohnya, lulusan SMK pariwisata yang bisa lanjut kuliah untuk menjadi sarjana pariwisata.

“Untuk di bidang pariwisata juga tidak harus mengambil jurusan pariwisata saat kuliah. Misalnya, dia mau kerja di bidang perhotelan tapi di bagian keuangannya, maka dia bisa saja ambil jurusan ekonomi,” ujar pria yang akrab disapa Wisnu itu saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Kemudian untuk prospek kerja lulusan SMK, industri yang dipakai sebagai tenaga kerja pun sangat besar. Maka, tak heran jika lulusan SMK di Indonesia diambil oleh perusahaan asing seperti Jepang.

“Karena, mereka benar-benar pekerja yang siap kerja. Banyak perusahaan dari luar negeri yang menginvestasi di perusahaan dalam negeri,” ucapnya.

Wisnu mengatakan, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa lulusan SMK, seperti pabrik manufakturing, perusahaan seluler, dan perusahaan retail. (news.okezone.com)