Di Kota Sukabumi, Minat Baca Warga Meningkat

Friday 23 December 2016 , 7:51 AM
Ilustrasi

Ilustrasi

DARI  informasi yang diperoleh, saat ini rata-rata jumlah pengujung Perpustakaan Daerah (Perpusda) mencapai sebanyak 370 pengunjung per hari. Sebelumnya, jumlah pengunjung per harinya hanya berkisar 70 hingga 100 orang. Sehingga ada peningkatan dua hingga tiga kali lipat dibandingkan kondisi sebelumnya. “Pengunjung perpustakaan tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya,” kata Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi, Nike Siti Rahayu wartawan.

Lanjut Nike, secara keseluruhan dari Januari hingga November 2016 tercatat sebanyak 86 ribu pengunjung. Mereka berasal dari para pelajar mulai TK hingga kalangan SMA serta mahasiswa perguruan tinggi (PT). “Selain itu pengunjung dari kalangan umum seperti pekerja kantoran, pegawai swasta, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Awalnya Perpusda Sukabumi menargetkan tingkat kunjungan sebanyak 30 ribu orang pada 2016 ini. Tetapi, pada kenyataanya jumlah pengunjung melebihi target tersebut. Ketertarikan warga ke perpustakaan salah satunya karena faktor kelengkapan buku di perpustakaan. Sementara, faktor lainnya karena sarana dan prasarana yang membuat nyaman para pengunjung. “Misalnya saja, bangunan Perpusda baru saja selesai dibangun sehingga lebih luas dibandingkan sebelumya. Ke depan, perpusda Sukabumi juga akan memberikan peningkatan layanan agar tingkat kunjungan warga makin meningkat,” paparnya.

Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengulas, Pemerintah Kota (Pemkot) mendorong adanya peningkatan kesadaran warga dalam membaca buku. “Dengan membaca buku, maka pengetahuan dan wawasan warga mengenai berbagai hal menjadi bertambah baik,” ulasnya.

Gerakan membaca buku ini tambah Fahmi, harus mendapatkan dukungan dari keluarga dan para guru di sekolah. “Salah satunya dengan mendorong anak-anak mau ke perpustakaan untuk membaca buku dan referensi lainnya,” singkatnya.(sukabumizone.com)

Comments are closed.