Di Depok, Angka Usia Sekolah Ditambah dengan Home Schooling

oleh -2 views
Ilustrasi.(inilahkoran.com)
Arrief Ramdhani
Bebas Belajar dan Berkreativitas di Rumah Bintang.(inilahkoran.com)
Bebas Belajar dan Berkreativitas di Rumah Bintang.(inilahkoran.com)

DINAS Pendidikan Kota Depok menargetkan angka rata-rata usia sekolah bisa terdongkrak dengan menerapkan program home schooling. Adapun pada saat ini, angka rata-rata usia sekolah di Kota Depok adalah 11,5 tahun.

Kepala Bidang Pendidikan Formal dan Nonformal Dinas Pendidikan Kota Depok, Eneng Sugiarti mengatakan, saat ini telah ada Permendikbud No 129 Tahun 2014 tentang pendidikan home schooling. Dengan adanya permendikbud, terdapat sinergi antara pihak swasta swasta sebagai penyelenggara home schooling dengan pemerintah.

banner 728x90

“Dengan adanya peraturan itu, ujian akhir juga biaa dilaksanakan di lembaga pendidikan formal. Sebelumnya hanya di lembaga nonformal, seperti sekolah setara paket C,” ujarnya seusai Depok Education Fair, di Depok Town Square, Kecamatan Beji, Senin (20/4/2015).

Dia mengatakan, metode pembelajaran home schooling sepenuhnya dilakukan berdasarkan kesekapakatan antara siswa dan keluarganya beserta lembaga penyelenggara. Kesepakatan itu meliputi cara belajar, biaya belajar, serta waktu belajar. Sementara pemerintah hanya mengurusi soal legalitas penyelenggaraannya saja.

Dia menyebutkan, terdapat 3 jenis homeschooling, yakni homeschooling tunggal, majemuk, dan komunitas. Homeschooling tunggal adalah penyelenggaraan belajar mengajar hanya untuk satu keluarga. Majemuk adalah penyelenggaraan belajar mengajar untuk 2 keluarga lebih. Sementara komunitas adalah campuran dari homeschooling tunggal dan majemuk.

“kegiatan belajar mengajar bisa secara tatap muka atau via on line. Tapi, itu untuk yang jenisnya tunggal atau majemuk. Sementara untuk komunitas, itu sudah ditentukan di tempat tertentu tergantung pihak penyelenggara,” ujarnya.

Dia menyebutkan, di Kota Depok sendiri terdapat 19 penyelenggara Home Schooling. Mereka menyelenggarakan kegiatan homeschooling untuk setiap tingkatan sekolah, mulai dari SD hingga SMA.

Eneng mengatakan, sinergitas Pemkot Depok dengan lembaga penyelenggara homeschooling baru dilakukan pada tahun ini. Menurutnya, siswa yang tertarik mengikuti homeschooling bisa mendaftar ke UPT Dinas Pendidikan atau lembaga formal. “Kami mengharapkan kedepannya angka rata-rata usia sekolah di Kota Depok bisa meningkat dengan adanya permendikbud ini,” ujarnya. (pikiran-rakyat.com)