Delapan Negara Ramaikan SKIM XIII Unpad

oleh -0 views
inilahkoran.com
Arrief Ramdhani
inilahkoran.com
Simposium Kebudayaan Indonesia-Malaysia XIII

UNIVERSITAS Padjadjaran (Unpad) dan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) kembali akan menyelenggarakan Simposium Kebudayaan Indonesia-Malaysia (SKIM).
Dengan tema Inovasi dan Kewirausahaan untuk Kemakmuran dan Kedaulatan Bangsa, SKIM yang akan diselenggarakan untuk ke-13 kalinya ini akan diadakan pada 12-14 November 2013 bertempat di Kampus Unpad Jl Raya Bandung Sumedang Km 21 Jatinangor, Kabupaten Sumedang-Jawa Barat.

SKIM yang diselenggarakan secara bergantian setiap 2 tahun selama 27 tahun -yakni sejak 1985- dan digagas oleh Unpad dengan UKM, merupakan acara kerja sama 2 universitas antar 2 negara yang paling konsisten di Indonesia. Awalnya merupakan kerja sama antar 2 fakultas lalu menjadi kerja sama 2 universitas. Bahkan kini, SKIM berkembang diikuti 8 negara.

Kerja sama ini menjadi ajang pertemuan antara Indonesia dan Malaysia untuk membicangkan isu-isu kebudayaan dalam arti luas dalam prespektif teori, konsep, dan metodologi. SKIM merupakan media bagi bertemunya para akademisi, praktisi, maupun perumus kebijakan untuk bertukar pikiran khususnya mengenai isu-isu yang menjadi permasalahan Indonesia-Malaysia. Perbincangan ini dilakukan sejak pelaksanaan SKIM I hingga XII dengan tema-tema yang diajukan saling berkaitan dan bersambung dari satu tema SKIM ke tema berikutnya.

Secara umum tujuan penyelenggraan SKIM adalah untuyk membangun kerja sama serumpun ke arah keunggulan akademik dan penelitian antara kedua universitas. Sejumlah tema pun sudah dipilih sesuai dengan tuntutan negara masa kini yang menekankan inovasi dan Kewirausahaan untuk Kemakmuran dan Kedaulatan bangsa. Seperti ketahanan pangan, kesehatan, budaya, bahasa dan sastra, sosiologi-antropologi, informasi dan teknologi, lingkungan, energi, kebijakan (policy), ekonomi dan bisnis, sosial politik dan keamanan.

Dalam simposium tersebut, sekitar 200 makalah akan dipresentasikan dan akan diselenggarakan dalam kelas pararel maupun pleno. (inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.