Daftar SBMPTN, Ini Tipsnya

oleh -4 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

HASIL Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 sudah diumumkan. Bagi mereka yang belum berhasil menembus seleksi berdasarkan nilai rapor itu tidak perlu berkecil hati karena masih ada kesempatan masuk PTN melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Namun, selain mempersiapkan diri secara akademis melalui belajar dan latihan soal, ada beberapa trik dan tips yang harus diketahui para pelajar ketika akan mendaftar SBMPTN. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka yang langsung membagikan tips tersebut untuk Anda.

Langkah pertama, kata Akhmaloka, setiap peserta harus terlebih dahulu mengetahui minat dan bakatnya pada bidang studi tertentu. “Lulusan SMA yang mau ikut SBMPTN harus tahu keinginan masuk program studi (prodi) apa. Itu pertama,” papar Akhmaloka ketika berbincang dengan Okezone, Kamis (29/5/2014).

Langkah kedua adalah menyesuaikan diri minat dan bakat jurusan idaman dengan kemampuan akademis mereka. Para peserta, kata Akhmaloka, harus realistis atas kemampuan mereka dengan passing grade jurusan pilihan.

“Kedua, tolong pertimbangkan kemampuan seperti apa. Jangan sampai kemampuan tidak terlalu bagus tapi ambil Kedokteran yang passing grade-nya cukup tinggi. Kasihan,” ungkapnya.

Terakhir, ujar Akhmaloka, penentuan kampus. Pemilihan kampus harus disesuaikan dengan ketersediaan jurusan dan tingkat persaingan di perguruan tersebut.

“Setelah mengukur kemampuan dan tahu mau ambil jurusan apa, baru memilih universitas apa. Misalnya mau ambil prodi Teknik Kimia. Jurusan itu kan ada di ITB, Universitas Indonesia (UI), maupun Universitas Lambung Mangkurat. Kalau memang punya kemampuan bagus bisa pilih UI, tapi kalau merasa tidak terlalu bagus bisa cari universitas lain dengan tingkat kompetisi dan passing grade lebih rendah,” imbuh Akhmaloka.(kampus.okezone.com)

10 thoughts on “Daftar SBMPTN, Ini Tipsnya

  1. Ping-balik: mo thay be gai
  2. Ping-balik: 메이저토토

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.