Daftar Beasiswa Riset Pangan Indofood

oleh -1 views
kampus.okezone.com
Arrief Ramdhani
kampus.okezone.com
kampus.okezone.com

PUNYA ide penelitian tentang pangan tapi kekurangan dana? Ikut aja kompetisi ini!

Sejak 1998, PT Indofood Sukses Makmur (ISM) Tbk, meluncurkan Indofood Riset Nugraha (IRN), sebuah program penghargaan bagi peneliti unggul di bidang penganekaragaman pangan, yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Pangan sedunia. IRN merupakan salah satu usaha untuk membudidayakan antusiasme riset bidang pangan dari berbagai disiplin ilmu.

Tahun ini, IRN mengusung tema “Mencerdaskan Bangsa Melalui Penganekaragaman Pangan Berbasis Sumber Daya Laut dan Darat.”

Ketua Tim Pakar IRN, Prof FG Winarno, tema tersebut dipilih mengingat Indonesia kaya akan sumber daya laut. Indonesia memiliki 70% wilayah lautan. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, lautan Indonesia merupakan wilayah Mega-Biodiversity terbesar di dunia dengan 8.500 spesies ikan, 550 spesies rumput laut dan 950 spesies biota terumbu karang.

Sumber pangan ini, kata Winarno, memiliki nilai ekonomi tinggi. Dari segi nutrisi, kandungan gizinya lengkap. Kita bisa menemukan protein, asam amino, lemak, vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh dan mudah diserap oleh tubuh manusia.

“Peluang pengembangan dan pengolahan pangan yang bersumber dari laut masih terbuka lebar,” ujar Winarno, seperti dinukil dari keterangan tertulis IRN kepada Okezone, Sabtu (1/3/2014).

Selain laut, Indonesia juga kaya akan sumber pangan unggul dari daratan; termasuk sumber pangan alternatif non-beras yang sarat gizi. Misalnya, imbuh Winarno, gandum, jagung, pisang, kelapa dan kelapa sawit, kedelai, aneka umbi, daging dan susu beserta turunannya.

Nah, jika kamu memiliki rencana penelitian dengan tema tadi, coba deh ikutan IRN. Ini merupakan program bantuan dana penelitian yang ditujukan untuk kalangan mahasiswa S-1 dan kelompok dosen/peneliti melalui LPPM perguruan tinggi.

Tapi, ada seleksi ketat dari tim ahli untuk menentukan proposal penelitian yang akan didanai. Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, MSc. dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Diponegoro akan menjadi salah satu anggota Tim Pakar IRN 2014.

Kirimkan proposal penelitianmu maksimal 16 April 2014. Perlu diingat, penelitian ini merupakan tugas akhir/skripsi, dilakukan di Indonesia dan jangka waktu risetnya paling lama satu tahun, ya! Jangan lupa lampirkan transkrip nilai terakhir, daftar riwayat hidup lengkap mahasiswa dan dosen pembimbingmu.

Program Corporate Social Responsibility Indofood pilar Building Human Capital ini bisa diikuti mahasiswa dari berbagai jurusan. Direktur Indofood, Franciscus Welirang, menjelaskan, penelitian meliputi bidang teknologi pangan dan gizi masyarakat, sosial, ekonomi, budaya, budidaya pertanian dan peternakan. Dia menilai, perlu sinergi semua bidang untuk dapat mengoptimalkan upaya mewujudkan ketahanan pangan dan kecukupan gizi berbasis kearifan lokal.

“Tahun ini, Indofood ingin mengembangkan potensi pangan yang berasal dari laut. Kami berharap melalui Program IRN ini akan tercipta ide-ide kreatif dan inovatif dari mahasiswa dengan penelitian-penelitian unggul yang mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat menjadi sumbangsih bersama bagi bangsa,” tutur Franky.

Simak informasi lengkapnya di laman Indofood.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.