Ciptakan Pemuda yang Peduli Produk Halal

oleh -9 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

LEMBAGA Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) membuat event reguler tahunan yaitu Olimpiade Halal. Hal itu sebagai kegiatan edukasi dan sosialisasi halal bagi generasi muda khususnya siswa SMU sederjat

Saat ini Olimpiade Halal telah memasuki tahun ketiga. Event ini merupakan ajang kompetensi tentang kehalalan dan thayyiban bagi para siswa  SMU sederajat. Penyelenggaraannya yang secara online, memudahkan para peserta untuk mengikuti ujian, dimanapun dan kapanpun sesuai dengan gelombang ujian yang disediakan.

Ajang Olimpiade Halal ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap produk halal. “Dengan terbiasanya mengonsumsi produk halal diharapkan mereka akan tumbuh menjadi insan yang saleh dan cerdas,” kata Direktur LPPOM MUI, Dr. Lukmanul Hakim, M.Si.

Berbeda dari dua tahun sebelumnya, Olimpiade Halal kembali digelar dengan materi yang lebih komprehensif. Selain pengetahuan halal dan haram sesuai Al-Qur’an dan Hadits, prosedur Sertifikat Halal dan Sistem Jaminan Halal  juga dilombakan. Termasuk pengetahuan studi islam, dan pengetahuan umum tingkat SMU/sederajat, pengetahuan tentang wisata halal.

Ujian dilaksanakan secara online melalui program www.halolppommui.com. Olimpiade Halal akan dilakukan secara bertahap di lokasi berbeda mulai tanggal 26 Juli-3 September 2016. Waktu pelaksanaan Olimpiade Halal tahun ini adalah  wilayah Sumatera, Aceh, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung dan sekitarnya pada 26, 28, 30 Juli 2016.

Wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta dan sekitarnya pada 2, 4, 6 Agustus 2016. Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan sekitarnya pada 9, 11, 13 Agustus 2016. Wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat dan sekitarnya pada 16, 18, 20 Agustus 2016.

Wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan sekitarnya pada 23, 25, 27 Agustus 2016. Wilayah Jawa Barat dan sekitarnya pada 30 Agustus, 1 dan 3 September 2016. Selain trofi dan sertifikat,para pemenang akan mendapatkan tabungan pendidikan dengan total sebesar Rp. 25 juta.  Informasi lebih lanjut dapat membuka situs www.halalmui.org atau www.halolppommui.com.((republika.co.id)