Chairul Tanjung Semangati Mahasiswa untuk Raih Sukses

oleh -13 views
Chairul Tanjung saat memberi kuliah umum di Bale Santika Unpad Jatinangor .(unpad.ac.id)
Arrief Ramdhani
Chairul Tanjung saat memberi kuliah umum di Bale Santika Unpad Jatinangor .(unpad.ac.id)
Chairul    Tanjung  saat    memberi    kuliah     umum    di  Bale Santika     Unpad Jatinangor .(unpad.ac.id)

PARA mahasiswa penerima dana Bidikmisi jangan cepat puas dengan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah. Meski biaya pendidikan telah terjamin, namun mereka harus tetap memiliki semangat untuk hidup lebih baik secara mandiri.

Pengusaha nasional Chairul Tanjung mengatakan hal tersebut ketika memberi motivasi dan berbagi pengalaman dalam kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Padjadjaran di Bale Santika Unpad Jatinangor, Rabu (13/11). Bale Santika yang memiliki kapasitas 250 tampak penuh sesak dengan para mahasiswa yang mayoritas merupakan para penerima Bidikmisi.

“Jangan berpikir, sudah cukup dapat Rp 600 ribu dari pemerintah. Lalu setelah itu do nothing. Cari rupiah pertamamu sendiri, yang kamu peroleh dari hasil kerja keras. Percayalah, rupiah pertamamu itu bisa membangkitkan rasa percaya diri yang luar biasa,” ujar Chairul Tanjung yang kini memiliki CT Corp, perusahaan yang membawahi sejumlah perusahaan besar skala nasional.

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, saat membuka kuliah umum ini mengatakan, tahun ini Unpad menerima 1.350 mahasiswa Bidikmisi yang tersebar di seluruh fakultas. “Kami berharap, kehadiran Bapak Chairul Tanjung di sini dapat memotivasi para mahasiswa ini untuk meraih sukses di masa depan,” ujar Rektor.

Mahasiswa penerima Bidikmisi tidak hanya memperoleh fasilitas bebas biaya pendidikan selama kuliah, namun juga memperoleh dukungan biaya hidup dari pemerintah sebesar Rp 600 ribu tiap bulan. Dana Bidikmisi diperuntukkan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi namun memiliki kemampuan akademik baik.

“Saya juga berasal dari kalangan tidak mampu. Tapi dulu tidak ada Bidikmisi. Kalau tidak berusaha sendiri, tidak ada yang membantu,” ujar Chairul Tanjung yang menyelesaikan gelar sarjananya di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Chairul Tanjung menegaskan, semua orang punya hak untuk sukses. Salah satu aspek penting untuk meraih sukses adalah adanya trigger, momentum, pendorong yang bisa berbeda pada tiap orang. Momentum itu dapat menghasilkan komitmen yang akan menjadi bekal berharga untuk semangat meraih perubahan ke arah yang lebih baik.

“Cari trigger itu. Bagi saya, trigger itu datang saat mengetahui saya bisa membayar kuliah karena ibu saya menggadaikan kain halus kesayangannya. Sejak saat itu, saya berkomitmen akan mencari uang sendiri dan tidak meminta uang lagi kepada orangtua,” ujar Chairul Tanjung.

Menurut Chairul, upaya meraih kesuksesan perlu didukung dengan kepintaran, baik pintar secara akademis maupun pintar dalam kehidupan. Oleh karena itu, Chairul menilai turut aktif dalam organisasi kampus merupakan hal penting bagi mahasiswa karena ada pelajaran manajemen dan kepemimpinan di sana.

“Selain itu, pacu juga kreatifitas dan inovasi selama menjadi mahasiswa. Tidak harus diarahkan menjadi wirausaha karena kreatif dan inovatif itu juga sangat dibutuhkan oleh pekerja di semua bidang,” ujar Chairul lagi.(unpad.ac.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.