Cegah Perdagangan Orang, Kemendikbud Dorong 82 Gugus Tugas

oleh -4 views
Kemdikbud
Arrief Ramdhani

kemdikbud A

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menginisiasi atau mendorong pembangunan 82 Subgugus Tugas Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Unit kerja tersebut tersebar di 82 kabupaten/kota yang rentan terhadap perdagangan orang.

“Masalah perdagangan orang ini seperti fenomena gunung es. Terlihat kecil di permukaan, padahal sesungguhnya persoalan besar,” ungkap Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Dr. Wartanto saat membuka Rapat Koordinasi Subgugus Tugas TPPO di Jakarta (13/11).

Kemdikbud merupakan kementerian yang ditunjuk Presiden sebagai Ketua Subgugus Tugas TPPO. Wartanto menyatakan faktor utama penyebab tindak perdagangan orang adalah kemiskinan. “Karena kesulitan hidup, mereka tergiur untuk bekerja di luar negeri. Akhirnya terjebak dalam kasus perdagangan orang,” ujarnya.

Selain itu, faktor rendahnya pendidikan dan hubungan keluarga yang tidak harmonis turut menambah deretan kasus tindak perdagangan orang.

Wartanto menyebutan, untuk mencegah perdagangan orang, Kemdikbud telah menjalankan sejumlah program. Antara lain memberikan bekal keterampilan dan kecakapan hidup kepada masyarakat di wilayah yang rentan. Program ini diharapkan dapat menekan angka kemiskinan. Sehingga masyarakat tidak terjebak tindak perdagangan orang.

Berdasarkan data PBB tahun 2012, perdagangan manusia secara global meningkat. Sebanyak 25 persen korbannya adalah anak-anak. Dari jumlah tersebut, dua pertiganya adalah perempuan.(kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.