Cara ITB Motivasi Penerima Bidik Misi

oleh -1 views
Cara ITB Motivasi Penerima Bidik Misi/ITB
Arrief Ramdhani
Cara ITB Motivasi Penerima Bidik Misi/ITB
Cara ITB Motivasi Penerima Bidik Misi/ITB

PARA mahasiswa penerima Bidik Misi tidak hanya menerima bantuan dalam bentuk dana. Mereka juga dibekali sejumlah pelatihan keterampilan dan pemberian motivasi untuk membantu mereka berprestasi dan terpacu untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Hal itu pula yang dilakukan oleh Lembaga Kemahasiswaan (LK) Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Character Building Training bagi para penerima Bidik Misi angkatan 2014. Sejumlah petinggi ITB mulai dari dosen hingga rektor hadir sebagai pembicara untuk berbagi motivasi kepada para mahasiswa penerima Bidik Misi tersebut.

Rektor ITB Akhmaloka, misalnya, menekankan bahwa kuliah di ITB bukanlah hal sulit. Setiap mahasiswa, lanjutnya, berpeluang untuk mencetak kesuksesan yang sama seperti para dosen yang ada.

“Kuliah di ITB tidak susah. Kalau tidak percaya, tanya kepada dosen. Mereka juga pernah kuliah di ITB. Seperti Bu Irawati (Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi), bisa menjadi guru besar, Anda juga bisa,” ujar Akhmaloka, seperti disitat dari laman ITB, Senin (13/10/2014).

Oleh karena itu, Akhmaloka berpesan agar para penerima beasiswa kuliah dengan baik dan bersungguh-sungguh. Meski demikian, dia juga mengajak agar para mahasiswa penerima Bidik Misi turut aktif dalam organisasi kemahasiswaan.

“Terus berprestasi di perkuliahan dan tetap aktif di aktivitas kemahasiswaan. Kalian pasti bisa. Kuncinya belajar dengan rutin,” imbuhnya.

Pendapat senada turut disampaikan pembicara lain, yakni Alumni Teknik Lingkungan ITB, Gun Gun Saptari. Ketua Gerakan Sejuta Biopori di Bandung itu mengajak para mahasiswa dalam suasana yang interaktif untuk mengenal langkah-langkah untuk berprestasi selama berkuliah di ITB.

“Lejitkan ‘IPK’ Anda. IPK yang dimaksud adalah Integritas, Prestasi, dan Komitmen. Dengan meningkatkan ketiga aspek tersebut, para mahasiswa dapat menjadi generasi yang gemilang,” ungkap Gun Gun.

Dalam kesempatan itu, Gun Gun juga memotivasi para peserta untuk mengikuti mentoring Bidik Misi angkatan 2014 Di ITB. Lewat mentoring, tambahnya, para penerima beasiswa bisa saling berbagi dengan kakak mentor.

“Sadar maupun tidak sadar, seseorang bisa maju dengan mengikuti pola hidup seseorang yang mereka kagumi. Lewat mentoring diharapkan para penerima Bidik Misi dapat mengembangkan karakternya serta bisa memanfaatkan wadah tersebut untuk belajar bersama dan menemukan solusi dari masalah yang mungkin saja dihadapi selama berkuliah di ITB,” tuturnya.(kampus.okezone.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.