Bupati Segera Mengangkat Kepala Sekolah Bersertifikat NUK

oleh -11 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

OTONOMI Daerah (Otda) memberikan kewenangan penuh kepada Pemerintah Daerah dalam berbagai bidang, termasuk sektor pendidikan. Adapun kewenangan tersebut salah satunya dalam hal pembinaan karir pendidikan dan tenaga pendidik.

Kabag Informatika Sekretariat Daerah Kabupaten Garut U. Basuki Eko menjelaskan, calon kepala sekolah yang akan diangkat dan telah mengantongi sertfikat Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Dengan kata lain, mereka yang tidak memiliki NUKS jelas tidak bisa diangkat.

“Bagi calon kepala sekolah yang merasa dirugikan bisa mengajukan audensi ke pak bupati,” kata Basuki, Kamis (23/10/2014).

Menurutnya, sejak tahun 2013 lalu, pemerintah telah menerapkan kebijakan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki NUKS hasil dari pendidikan dan latihan (Diklat) kepala sekolah.

Hal itupun tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah dan Permendiknas No 28 Tahun 2010 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah/madrasah.

Menurutnya, Permendiknas itu mengamanatkan perlunya penataan kembali sistem rekrutmen dan pembinaan karir kepala sekolah/madrasah. Hal itu dilakukan untuk menghasilkan pemimpin yang kredibel dan berkompeten.

“ Permasalahan ini sudah dijelaskan di hadapan seluruh anggota DPRD dalam rangka penyampaian nota pengantar APBD,” pungkasnya.(fokusjabar.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.