Bupati Purwakarta Ajak Mahasiswa jadi Entrepreneurship Sejati

oleh -4 views
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi
Arrief Ramdhani
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi

MANUSIA harus melakukan persenyawaan dengan alam. Persenyawaan tersebut mencakup empat hal, yakni bersenyawa dengan tanah, udara, air, dan matahari sebagai basis penciptaan diri. Harus ada penajaman spiritualitas dalam upaya memahami problem hidup. Maka, manusia harus melakukan tapa brata, merenungi seluruh fenomena yang terjadi.

Hal tersebut dilontarkan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ketika menjadi narasumber seminar bertajuk Membangun Jiwa Entrepreneurship yang digelar Universitas Kristen Maranatha Bandung, 28 Oktober silam di Aula Theater universitas tersebut. Dikatakan Bupati Dedi, ketika orang memahami alamnya dia akan memahami dirinya. Ketika manusia memahami dirinya maka dia sebagai asma Tuhannya. Jika sudah demikian maka tidak akan ada lagi kerusakan di muka bumi ini. Tidak akan ada lagi eksploitasi alam yang merusak.
“Persenyawaan ini harus pula dimiliki oleh setiap pelaku entrepreneurship sejati. Karena seorang entrepreneur lahir dari proses penghayatan dan perenungan atas apa yang dia lalui dalam membangun usaha yang digelutinya. Bukankah orang-orang yang sukses dalam bisnis adalah mereka yang mengalami jatuh bangun sebelumnya. Gagal, gagal, dan gagal, baru kemudian sukses. Kesuksesan adalah proses persenyawaan dengan alam dan pengalaman sebelumnya,” papar Dedi.
Karena itu, teori akademik saja tidak cukup untuk membentuk jiwa entrepreneurship. Harus ada proses persenyawaan dan spiritualitas dengan Tuhan dan alamnya, karena ini yang akan melahirkan energi dan semangat terus berinovasi dalam berkarya.

Dedi menggarisbawahi jiwa entrepreneurship sebenarnya sudah ada pada orang-orang di pedesaan. Mereka berani berproduksi, baik dari sudut pertanian, hingga Kuliner. “Tinggal bagaimana akademisi memberikan warna dalam hal kemasan dan manajemen keuangan agar sirkulasi keuangan mereka terkelola dengan baik.
Tak hanya di Universitas Kristen Maranatha, di hari yang sama, Bupati Dedi yang juga budayawan Sunda ini, menjadi pembicara dalam diskusi publik di Universitas Telkom Bandung. Berbicara di hadapan sekitar 100 mahasiswa ini, Bupati Dedi membedah mengenai Indonesia, pemuda dan modernisasi.(Siapbelajar Purwakarta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.