BOS SM Bukan Sekolah Gratis

Thursday 19 December 2013 , 3:47 AM
kelas SMA

Ilustrasi

SALAH satu program pendukung utama PMU adalah penyediaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Menengah (SM). Tujuannya, meringankan beban masyarakat dalam menyekolahkan anak mereka ke tingkat pendidikan menengah.

BOS SM disalurkan mulai awal tahun ajaran 2013/2014 sebesar Rp1 juta per siswa per tahun, diberikan tiap semester. Sebelumnya telah diberikan dalam bentuk rintisan BOS.

Dalam pelaksanaannya, BOS SM dibagi dua: BOS SMK dan BOS SMA. Pada 2013, Kemdikbud mengalokasikan anggaran Rp2,362 triliun untuk BOS 4,23 juta siswa SMA dan Rp2,311 triliun untuk BOS 4,16 juta siswa SMK.

Bantuan ini disalurkan langsung ke sekolah oleh Direktorat Pembinaan SMA dan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud. Tapi jangan disalahartikan BOS SM sebagai bagian dari sekolah gratis. Tidak!

Sekolah penerima BOS SM tersebut diwajibkan membebaskan (fee waive) dan atau membantu (discount fee) siswa miskin dari kewajiban membayar iuran sekolah dan biaya-biaya untuk kegiatan ekstrakulikuler siswa.

Jumlah siswa yang dibebaskan atau mendapat keringanan biaya pendidikan menjadi kebijakan (diskresi) sekolah dengan mempertimbangkan faktor jumlah siswa miskin yang ada, dana yang diterima, dan besarnya biaya sekolah.

Dana BOS SMA digunakan sekolah untuk membantu memenuhi kebutuhan biaya operasional sekolah non-personalia sesuai dengan Permendiknas No.69 Tahun 2009, meliputi antara lain;

a) pembelian atau penggandaan buku teks pelajaran;
b) pembelian alat tulis sekolah yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran;
c) penggandaan soal dan penyediaan lembar jawaban siswa dalam kegiatan ulangan dan ujian; d) pembelian peralatan pendidikan;
e) pembelian bahan habis pakai;
f) penyelenggaraan kegiatan pembinaan;
g) siswa atau ekstrakulikuler;
h) pemeliharaan dan perbaikan ringan sarana prasarana sekolah;
i) langganan daya dan jasa lainnya;
j) kegiatan penerimaan siswa baru.(kampus.okezone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.