Birokrat Dimintai Pahami Hakekat Pendidikan

oleh -3 views
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)

IDENTITAS nasional terbangun dari sifat alami manusia. Pendidikan lah yang mengarahkan dan memperkuat sifat alami manusia menjadi kekuatan yang produktif dan bermanfaat bagi kemanusiaan. Dan proses pendidikan berpotensi mengikis identitas peserta didik bila apa yang dipelajarinya di sekolah menjauhkan mereka dari potensi dan kepribadiannya.

“Oleh karena itu para birokrat pendidikan yang bertanggungjawab dalam pengelolaan pendidikan harus memahami secara benar tentang hakikat pendidikan,” kata Rektor UPI, Prof Dr Sunaryo Kartadinata dalam Pidato Rektor pada Upacara Wisuda Gelombang I UPI di Gymnasium UPI Jalan Setiabudhi, Rabu (16/4).

Menurutnya, pendidikan bukanlah sebuah proses produksi barang, bukan pula sebuah proses pemerintahan yang dikelola dengan cara-cara birokratik, dan bahkan bukan pula sebuah proses drill dan latihan. Karenanya, para birokrat bertanggung jawab mengelola pengembangan manusia yang memiliki potensi dahsyat yang harus dikembangkan dalam bingkai jati diri bangsa.

“Oleh karena itu, pemahaman dan pelatihan para birokrat pendidikan di pusat maupun daerah dalam kaitan implementasi kurikulum 2013, menjadi sebuah keniscayaan yang harus dilakukan,” katanya.

Ia juga mengatakan, jika tidak, maka intervensi birokrasi yang tidak sejalan dengan esensi nilai pendidikan akan kembali menjadikan pendidikan hampa dari proses pembentukan jati diri bangsa.(jabar.tribunnews.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.