Biar UN Mundur, Pengumuman Kelulusan Takkan Telat

oleh -9 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjamin, pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA sederajat tidak akan mundur. Para siswa di seluruh negeri akan menerima hasil UN mereka pada esok hari, Jumat 24 Mei 2013.
“Kemarin ada 11 provinsi yang tertunda pelaksanaannya, tapi untuk hasil tidak boleh tertunda. Mudah-mudahan besok bisa diumumkan ke daerah. Teknis pengumuman diberikan ke masing-masing sekolah dan bagian dari kreasi sekolah,” ujar M Nuh, dalam konferensi pers hasil UN, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2013).

Namun sayang, tingkat kelulusan kali ini harus turun dibandingkan dengan tahun lalu. Walaupun tingkat penurunan tersebut tidak terlalu signifikan.

banner 728x90

“Tahun lalu tingkat kelulusan 99,50 persen, tahun ini turun sedikit 0,02 persen dengan jumlah peserta UN sebesar 1,5 juta siswa,” tuturnya.

Demikian pula dengan tingkat kelulusan di 11 provinsi yang mengalami keterlambatan naskah soal saat pelaksanaan UN lalu. M Nuh menyebut, dari 11 provinsi tersebut ada yang mengalami penurunan tingkat kelulusan tapi ada juga yang naik.

“Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) misalnya, tingkat kelulusan di dua daerah tersebut memang turun. Tapi di Nusa Tenggara Timur (NTT) naik dari 97,68 persen tahun lalu ke 98,25 persen serta Sulawesi Utara (Sulut) dari 99,28 persen tahun lalu jadi 99,86 persen tahun ini,” papar M Nuh.

Berdasarkan hasil tersebut, M Nuh menyatakan, keterlambatan yang terjadi di 11 provinsi saat pelaksanaan UN lalu tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kelulusan siswa. Sehingga kekhawatiran atas persoalan tersebut tidak terbukti.

“Artinya persoalan kemarin tidak mengganggu dari segi kelulusan dan pelaksanaan. Lembar Jawaban UN (LJUN) yang diributkan bisa diselesaikan. Jadi kekhawatiran tidak terbukti karena kriterianya satu dari Sabang sampai Merauke,” imbuhnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.