Bentuk Karakter Generasi Muda dari Wayang

oleh -24 views
Ilustrasi (wisoto.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (wisoto.com)
Ilustrasi (wisoto.com)

PEMBENTUKAN karakter pada hakikatnya dimulai sedari kecil. Melalui bermacam-macam media, seorang anak pun perlahan akan berkembang sesuai karakternya. Apalagi bila pembentukan karakter itu memakai media wayang. Wah!
Tapi bagaimana caranya ya? Jika seseorang diajarkan cinta budaya wayang, maka akan membentuk karakter cinta terhadap warisan budaya Indonesia. Maka, sejak awal diharapkan turut meningkatkan kecintaan mereka terhadap budaya wayang itu sendiri.

Masyarakat juga seharusnya terus mendukung progres seni dan budaya khususnya Wayang di Indonesia, pendidikan mengenai seni dan budaya harus tetap dikembangkan lagi guna mencapai untuk mengapresiasikan wawasan yang luas kepada budaya bangsa.

Senior Advisor Sekretariat Perusahaan BCA Sapto Rachmadi menjelaskan, pembentukan karakter merupakan kunci jawaban untuk mencetus lahirnya kembali kecintaan terhadap budaya wayang.

“Pembentukan karakter sejak awal diharapkan turut meningkatkan kecintaan mereka terhadap budaya wayang itu sendiri,” katanya, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya kepadaOkezone, Selasa (9/4/2013).

Sapto pun menambahkan, wayang dapat menjadi pondasi sebagai kekuatan seni dan budaya kehidupan, untuk itu bersama-sama membangun budaya wayang sejak dini.

“Untuk siswa-siswi SD, SMP, maupun SMA sebaiknya diperkenalkan tokoh budaya wayang sejak dini, membuka acara pagelaran budaya seperti diskusi tentang sifat-sifat wayang, pementasan teater wayang kulit oleh dalang cilik, menyosialisasikan mengenai wayang, kunjungan ke musium-musim budaya wayang, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Sekadar informasi, ini sebagai bentuk komitmen BCA untuk terus berupaya mendukung perkembangan seni dan budaya di Tanah Air, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar program Roadshow Edukasi & Apresiasi Bagi Wawasan Budaya Bangsa (Wayang). Program ini merupakan bagian dari kegiatan sosial Bakti BCA dalam bidang budaya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.