3 PTN Ini Membuka Jalur Khusus untuk Ketua OSIS

Intan Suryani

Penulis : Intan Suryani
Editor : Asop Ahmad

0

0

Belajar
1669069768203_1669069940

Logo OSIS SMA

SIAPBELAJAR.COM- Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia tidak hanya menyediakan jalur prestasi dan tes saja. Melainkan ada jalur khusus untuk Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Mulai dari IPB University, Universitas Airlangga hingga Universitas Sebelas Maret.

Bagi kamu yang pernah menjadi Ketua OSIS semasa sekolah menengah, ini peluang besar untuk  masuk PTN pilihanmu.

Masing-masing PTN yang membuka jalur ini, memiliki ketentuan dan persyaratan masing-masing.

Lantas apa saja syarat mengikuti jalur OSIS ini? Berikut ini jalur OSIS dan persyaratannya dikutip dari laman masing-masing PTN.

1. IPB University

Pada tahun 2019, IPB membuka seleksi calon mahasiswa baru jalur khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB. Seleksi ini merupakan salah satu seleksi mandiri IPB untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai Ketua OSIS selama di SMA serta memiliki kemampuan akademik.

Merangkum dari laman IPB, Minggu (28/11/2021), penerimaan mahasiswa baru jalur Ketua OSIS memiliki sejumlah kualifikasi, antara lain:

• Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang diperkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua OSIS.

• Rerata nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80.

•Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

2. Universitas Airlangga

Unair juga memberikan kesempatan bagi Ketua Osis untuk mendaftar saat proses penerimaan mahasiswa baru. Syarat yang diminta, pendaftar harus memilih Unair sebagai pilihan pertama pada saat mendaftar dan mengikuti kegiatan Airlangga Education Expo.

Melalui program Golden Tiket, Unair membuka kesempatan bagi siswa yang berhasil meraih juara lomba/olimpiade Internasional bidang studi yang sesuai dengan prodi pilihan dan diselenggarakan Institusi terkemuka.

Termasuk bagi siswa yang menjadi Ketua Umum OSIS sekolah terkemuka.

3. Universitas Sebelas Maret

UNS juga termasuk kampus yang membuka Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM).

Jalur ini bertujuan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang pernah mengemban tugas sebagai Ketua Osis dan Pramuka minimal satu periode.

SMJKM memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan meningkatkan kompetensi keilmuannya selama menempuh pendidikan di Universitas Sebelas Maret.

Ketentuan umum:

• Warga Negara Indonesia.

•Lulusan SMA/MA atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir.

•Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

•Mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM).

Persyaratan :

•Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau siswa akselerasi semester 1 sampai semester 4 (empat).

•Pernah menjadi Ketua OSIS atau Ketua Umum Pramuka (Pradana/Pradani) selama menempuh pendidikan di SMA/MA atau yang sederajat yang dibuktikan dengan Surat keputusan dari Kepala Sekolah tentang susunan pengurus OSIS atau Surat Keputusan Dewan Ambalan tentang susunan pengurus Pramuka.

Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di PTN pilihanmu.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1669069768203_1669069940

Belajar

3 PTN Ini Membuka Jalur Khusus untuk Ketua OSIS

SIAPBELAJAR.COM- Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia tidak hanya menyediakan jalur prestasi dan tes saja. Melainkan ada jalur khusus untuk Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).