Mengenal Sistem Baru Masuk PTN

Intan Suryani

Penulis : Intan Suryani
Editor : Asop Ahmad

0

0

Belajar
1664166149369_1664166195

Mengenal Sistem Baru Masuk PTN yang Gantikan SNMPTN-SBMPTN

SIAPBELAJAR.COM- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud) Nadiem Makariem telah menyampaikan perubahan skema seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) beberapa waktu lalu. Kini, pihaknya telah menetapkan nama baru untuk Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dilansir dari detikEdu , ada sebutan baru untuk SNMPTN dan SBMPTN. Perubahan itu tercantum melalui akun Instagram @snpmb_bp3.

Akun Instagram tersebut membagikan unggahan yang berisi konfirmasi media sosial resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

"Dapatkan informasi lengkap mengenai Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023 HANYA melalui media sosial resmi SNMPB-BPPP ya!" tulis akun tersebut.

Pergantian Nama dan Logo Baru SNMPTN dan SBMPTN

Kini, SNMPTN berganti menjadi SNBP yang merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, sedangkan SBMPTN berganti menjadi SNBT atau Seleksi Bersama Berdasarkan Tes. Bersamaan dengan unggahan tersebut, tersemat juga logo dan sebutan baru untuk kedua seleksi itu.

Sebagaimana tertulis dalam Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022, penerimaan mahasiswa baru dibagi ke dalam 3 jalur, yaitu:

1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

3. Seleksi secara mandiri oleh PTN.

Skema dan Ketentuan pada SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri

Skema SNBP

Pada SNBP, jalur penerimaannya meliputi prestasi akademik dan nonakademik. Komponen penilaiannya pun terbagi menjadi dua.

Pertama, dihitung berdasarkan rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran, paling sedikit 50% dari bobot penilaian.

Komponen kedua dihitung berdasarkan nilai rapor paling banyak 2 mata pelajaran pendukung program studi yang dituju, portofolio, dan/atau prestasi paling banyak 50% dari bobot penilaian.

Adapun mengenai daya tampung pada SNBP, setiap program studi di PTN memiliki kuota minimal 20%. Nantinya, daya tampung pada prodi tersebut ditetapkan dengan keputusan pemimpin masing-masing PTN. Lalu, jika daya tampung tidak terpenuhi maka dapat dialihkan ke seleksi nasional berdasarkan tes.

Skema SNBT

Pada SNBT, seleksi diselenggarakan oleh Kementerian dan bekerja sama dengan PTN. Berdasarkan Keputusan Mendikbudristek Nomor 346/P/2022, akan ada Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023.

Urusan terkait persiapan pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 ini berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek.

Mengenai daya tampung SNBT, minimal kuotanya sebesar 40% untuk setiap prodi PTN selain PTN Badan Hukum (PTN-BH). Kuota pada PTN-BH ditetapkan minimal 30% bagi tiap prodi.

Aturan Jalur Mandiri

Khusus Jalur Mandiri, seleksi ini dilakukan berdasarkan seleksi akademis dan dilarang mengaitkan dengan tujuan komersial. Untuk menghindari kecurangan, Kemendikbud menetapkan sejumlah kewajiban yang harus dilakukan oleh PTN sebelum dan sesudah pelaksanaan tes.

Komponen penilaian pada jalur mandiri diatur oleh masing-masing PTN. Sementara itu, daya tampungnya maksimal sebesar 30% untuk PTN, sedangkan PTN-BH memiliki kuota maksimal 50%.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1669069768203_1669069940

Belajar

3 PTN Ini Membuka Jalur Khusus untuk Ketua OSIS

SIAPBELAJAR.COM- Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia tidak hanya menyediakan jalur prestasi dan tes saja. Melainkan ada jalur khusus untuk Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).
1668296154440_1668296175

Belajar

Kemendikbudristek Gelar Pelatihan Fasilitator Ibu Penggerak Tri Sentra Pendidikan

SIAPBELAJAR.COM - Untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul di masa mendatang, peran tri sentra pendidikan sangat dibutuhkan. Tidak hanya sekolah, namun orang tua dan masyarakat menjadi pentin
1668136036529_1668136091

Belajar

Nadiem dan Luhut Bahas Transformasi Pendidikan di QS Higher Summit Asia Pasifik 2022

SIAPBELAJAR.COM - Konferensi pendidikan tingkat tinggi se-Asia Pasifik yakni QS Higher Ed Summit Asia Pasifik 2022 yang membahas tantangan dan peluang pendidikan tinggi di Asia Pasifik dihadiri oleh 1
1667469578735_1667469651

Belajar

Daftar Universitas di Indonesia Berstatus PTN-BH

SIAPBELAJAR.COM - Sejumlah lima universitas negeri telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum atau PTN-BH melalui Peraturan Pemerintah (PP) pada 20
1666883343892_1666883360

Belajar

Universitas Negeri Yogyakarta Resmi Menjadi PTN-BH

SIAPBELAJAR.COM - Presiden Joko Widodo resmi menetapkan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Dengan berubahnya UNY menjadi PTN-BH, maka UNY berstat