Sejumlah Siswa Internasional Menerima Izin Tinggal di Belanda

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Neli Krismawati

0

0

Belajar
1664165731140_1664165747

Belanda

SIAPBELAJAR.COM - IND telah menginformasikan bahwa sebanyak 10.000 siswa internasional telah mengumpulkan izin tinggal Belanda mereka dari The Immigration and Naturalization Service (Immigrate-en Naturalisatiedienst, IND) pada Sabtu lalu.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs webnya, IND mengatakan bahwa siswa mengumpulkan dokumen tempat tinggal mereka di The Hague University of Applied Sciences (THUAS), yang merupakan rumah bagi hampir 26.000 siswa internasional.

“Untuk belajar di Belanda, siswa dari luar Uni Eropa memerlukan izin tinggal. Sangat menguntungkan bagi siswa serta IND untuk mengatur penerbitan dokumen kependudukan ini secara terpusat,” bunyi pernyataan itu.

Agensi Belanda menyoroti bahwa selama beberapa bulan terakhir, siswa menghadapi waktu tunggu yang lama untuk mengumpulkan dokumen tempat tinggal mereka.

IND mengatakan bahwa pada tahun ini, pengumpulan izin tinggal telah diselenggarakan secara terpusat di Den Haag selama dua hari, di mana mayoritas siswa dari luar Uni Eropa pergi belajar.

THUAS menawarkan untuk membantu penerbitan pusat dokumen kependudukan di kampus utamanya, yang juga dekat dengan Stasiun Kereta Hollands Spoor di Den Haag.

Untuk mewujudkannya, IND bekerja sama dengan 26 institusi pendidikan, membagi siswa menjadi dua kelompok dan menjadwalkan janji temu untuk mengumpulkan izin tinggal antara dua hari Sabtu.

Pendekatan Baru

Manajer layanan IND, Merel Hekker mengatakan bahwa saat ini lembaga tersebut telah mengadopsi pendekatan baru mengenai masalah ini untuk memastikan bahwa semua siswa menerima dokumen kependudukan mereka di Belanda selama bulan September.

“Untuk memastikan bahwa siswa masih akan mendapatkan dokumen kependudukan mereka pada bulan September, kami telah mengadopsi pendekatan yang berbeda. Penerbitan pusat memungkinkan kami untuk mengerahkan staf kami seefektif mungkin dan mencegah orang lain harus menunggu lebih lama karena adanya puncak penerimaan siswa,” kata Hekker.

Meringankan Beban

Sementara itu, Ketua Tim Pendaftaran dan Kantor Internasional di THUAS, Marlies Rexwinkel mengatakan bahwa dengan menerima izin tinggal dengan cepat, maka hal tersebut dapat meringankan beban siswa internasional serta mereka dapat terus fokus pada pendidikan mereka.

“Jika hal ini memungkinkan kami membantu sebanyak mungkin siswa internasional untuk memulai waktu mereka di Belanda dengan lancar, kami dengan senang hati memainkan peran kami,” kata Rexwinkel.

Menurut IND, banyak siswa yang puas dengan layanan saat mengumpulkan izin tinggal mereka di THUAS. Mereka menggambarkannya sebagai layanan yang cepat dan menyenangkan.

Jumlah Permohonan Izin Tinggal di Belanda

Pada tahun ini, sebanyak 16.630 permohonan izin tinggal dari siswa diajukan ke IND hingga bulan Juli. Permohonan tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu, terutama dari siswa China, India dan Amerika Serikat yang banyak memilih Belanda sebagai tujuan studi mereka.

Sekilas Mengenai IND dan Krisis Perumahan di Belanda

IND adalah lembaga pemerintah Belanda di bawah Kementerian Keamanan dan Kehakiman yang menilai permohonan setiap orang yang ingin tinggal di Belanda.

Dengan dokumen tempat tinggal, siswa internasional di Belanda dapat menunjukkan izin mereka untuk tinggal di negara tersebut.

Pada awal bulan ini, dilaporkan mengenai krisis perumahan di Belanda, yang juga mempengaruhi siswa internasional.

Kemudian pemerintah memperkenalkan Rencana Aksi Perumahan Siswa Nasional, yang diharapkan dapat memperbaiki masalah ini dengan membangun 60.000 rumah siswa di Belanda dalam 8 tahun.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1669258971238_1669259125

Belajar

Penurunan Jumlah Lulusan di Swedia

SIAPBELAJAR.COM - Jumlah mahasiswa yang lulus dari Institusi Pendidikan Tinggi Swedia menjadi lebih sedikit, karena jumlah tersebut turun sebanyak 1.100 lulusan selama tahun akademik 2021/2022, men
1668652129780_1668652121

Belajar

Proyek Akomodasi Siswa Terjangkau di Irlandia Akan Dibuka

SIAPBELAJAR.COM - Pelajar internasional di Irlandia terus berjuang dengan akomodasi mereka di negara tersebut dengan banyak yang melaporkan bahwa situasi seperti itu bahkan memengaruhi kesehatan me
1668586099549_1668586092

Belajar

Peningkatan Jumlah Mahasiswa Internasional di Belanda

SIAPBELAJAR.COM - Menurut Universitas Belanda atau Universities of The Netherlands (UNL), sebuah organisasi yang mewakili 14 universitas Belanda mengungkapkakn bahwa Universitas di Belanda telah me
1667363007104_1667363012

Belajar

Rekor Peningkatan Jumlah Siswa Internasional di Jerman

SIAPBELAJAR.COM - Baru-baru ini, data yang dirilis oleh DAAD, organisasi pendanaan terbesar di dunia untuk pertukaran internasional, telah mengungkapkan bahwa Jerman terus menjadi salah satu negara
1667275071338_1667275085

Belajar

Amerika Serikat Keluarkan 155.000 Visa untuk Pelajar China

SIAPBELAJAR.COM - China terus menjadi negara terdepan yang mengirim sebagian besar siswa internasional untuk belajar di Amerika Serikat.Menurut laporan media, pihak berwenang Amerika Serikat telah