Wujudkan Pendidikan yang Lebih Merata dengan Akun Belajar.id

Jojon, S. Kom

Penulis : Jojon, S. Kom
Editor : Asop Ahmad

0

0

Belajar
1663988675989_1663988788

Wujudkan Pendidikan yang Lebih Merata dengan Akun Belajar.id

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyediakan akun pembelajaran (belajar.id) bagi jutaan siswa dan guru di Indonesia.

Akun digital yang turut membantu akselerasi transformasi pendidikan ini dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi belajar, seperti Google Classroom, Google Meet, Google Drive, dan masih banyak lagi. Sehingga memungkinkan adanya kolaborasi dalam belajar.

Akun belajar.id juga dipandang dapat membantu mewudukan pendidikan yang lebih inklusif dan merata.

"Langkah Kemendikbud Ristek membuat akun belajar.id adalah baik. Belajar.id yang dikembangkan Kemendikbud Ristek punya kelebihan karena gratis. Jadi, ini sesuai dengan semangat pendidikan semua," kata Pengamat Telekomunikasi dan Teknologi Pendidikan ITB, Dr. Ian Josep Matheus Edward dikutip dari Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Dia menambahkan, akun belajar.id yang dirilis pada akhir tahun 2020, dinilai dapat memberdayakan para guru di Indonesia. Selama pandemi Covid-19, para guru mau tidak mau membuat materi pembelajaran daring.

Dengan tools yang dapat diakses lewat akun pembelajaran, para guru kini bisa mengembangkan kemampuannya dalam materi belajar secara lebih kreatif dan kolaboratif. Bukan hanya dalam bentuk video, tetapi juga dilengkapi dengan materi evaluasi, kuis, dan lainnya.

"Guru bisa jadi content creator dan kontennya dilihat lebih banyak siswa," tutur Ian. "Semua jenis konten bisa dibuat, seperti soal ujian.

Dari universitas, seperti ITB bisa juga membuat konten. Guru-guru bisa punya patokan seperti apa yang diujikan saat masuk universitas, dan apa yang dipelajari di universitas. Prestasi siswa nantinya jadi lebih bagus," terang dia.

Kepala Pusat Inovasi dan Ekonomi Digital, Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Nailul Huda mengungkapkan, Kemendikbud Ristek telah melengkapi upaya transformasi digital dalam bidang pendidikan melalui penyediaan akun pembelajaran. Pasalnya, selama ini platform digital edukasi hanya dikembangkan oleh perusahaan rintisan.

"Swasta tidak mampu menjangkau masyarakat yang tidak mampu membayar jasa penyediaan layanan. Harapannya, kekosongan ini bisa diisi oleh pemerintah sebagai penyedia jasa tanpa dipungut biaya," jelas Nailul. Nailul mengatakan, platform akun belajar.id masih memiliki ruang untuk terus dikembangkan.

"Kelebihan pemerintah adalah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh siswa, pendidik, dan kedinasan. Mereka punya data. Saya rasa bisa dimulai dari data tersebut. Itu bisa menjadi kelebihan dari platform milik Kemendikbud Ristek," tukas dia.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1668296154440_1668296175

Belajar

Kemendikbudristek Gelar Pelatihan Fasilitator Ibu Penggerak Tri Sentra Pendidikan

SIAPBELAJAR.COM - Untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul di masa mendatang, peran tri sentra pendidikan sangat dibutuhkan. Tidak hanya sekolah, namun orang tua dan masyarakat menjadi pentin
1668136036529_1668136091

Belajar

Nadiem dan Luhut Bahas Transformasi Pendidikan di QS Higher Summit Asia Pasifik 2022

SIAPBELAJAR.COM - Konferensi pendidikan tingkat tinggi se-Asia Pasifik yakni QS Higher Ed Summit Asia Pasifik 2022 yang membahas tantangan dan peluang pendidikan tinggi di Asia Pasifik dihadiri oleh 1
1667534962667_1667534986

Belajar

Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 5 Dibuka

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui tim pelaksana program Kampus Mengajar, memulai rangkaian sosialisasi pembukaan pendaftaran progra
1666929706149_1666929728

Belajar

Pemerintah RI dan Selandia Baru Bahas Potensi Kerja Sama Pendidikan

SIAPBELAJAR.COM - Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pendidikan Selandia Baru, Hon
1666061838457_1666061867

Belajar

Rombongan Terakhir IISMA 2022 Diberangkatkan ke Malaysia

SIAPBELAJAR.COM - Rombongan terakhir penerima beasiswa (awardee) Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) bertolak ke empat perguruan tinggi di Malaysia. Sebanyak 66 mahasiswa Indonesi