Apa Itu Rapor Pendidikan Kemendikbud, Ini penjelasanya

Jojon, S. Kom

Penulis : Jojon, S. Kom
Editor : Asop Ahmad

0

0

Belajar
1663717163082_1663717238

Apa Itu Rapor Pendidikan Kemendikbud ? Ini penjelasanya

SIAPBELAJAR.COM - Rapor Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya.

Platform rapor pendidikan ini diluncurkan Kemendikbud Ristek dalam Merdeka Belajar episode 19 yaitu Rapor Pendidikan Indonesia.


Lantas sebenarnya apa itu platform Rapor Pendidikan ini?

Melansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, seperti ini penjelasan mengenai platform rapor pendidikan Kemendikbud dan perbedaannya dengan rapor mutu.

Sebelumnya satuan pendidikan di Indonesia telah melaksanakan Asesmen Nasional tahun 2021. Kini satuan pendidikan maupun pemerintah daerah dapat melihat hasil Asesmen Nasional melalui platform Rapor Pendidikan.

Perbedaan rapor pendidikan Kemendikbud dan rapor mutu

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa Rapor Pendidikan ini memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan Rapor Mutu. Rapor Mutu mengukur 8 indikator capaian pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dengan menggunakan data yang bersumber dari Dapodik dan hasil penginputan langsung oleh sekolah melalui aplikasi EDS.

Sedangkan Rapor Pendidikan mengukur indikator yang disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan yang diturunkan dari delapan Standar Nasional Pendidikan.

Satuan pendidikan juga tidak melakukan pengisian (input) data ke aplikasi. Namun data diambil dari berbagai sistem dan sumber data yang sudah ada, seperti Dapodik, SIMPKB, AN, BPS, dan sumber lain yang relevan.

Terdapat dua jenis Rapor Pendidikan yaitu:

1.    Rapor satuan pendidikan

Rapor satuan pendidikan menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan di satuan pendidikan

2.    Rapor pendidikan daerah

Rapor pendidikan daerah menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan dari daerah dan satuan pendidikan di daerah tersebut.

Platform rapor pendidikan untuk introspeksi

Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

Platform Rapor Pendidikan berfungsi untuk introspeksi secara menyeluruh dalam menyelesaikan persoalan pendidikan sesuai akar masalah demi perbaikan yang berkelanjutan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Peluncuran platform Rapor Pendidikan didasari oleh Permendikbud Ristek Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Platform ini ditujukan untuk satuan pendidikan dan pemerintah daerah agar bisa mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan pendidikan. Selain itu juga menjadi bahan untuk refleksi. Sehingga bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data.

Satuan pendidikan dapat melihat secara detail elemen-elemen per dimensi. Sehingga dapat menggali kondisi capaian dan proses pembelajaran di tempat masing-masing.

Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai referensi utama dalam menganalisa, merencanakan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan.

Data yang disajikan obyektif dan andal karena laporan tersaji secara otomatis dan terintegrasi.

Rapor pendidikan juga berfungsi sebagai instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik evaluasi internal maupun eksternal yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output). Baik satuan pendidikan maupun Dinas Pendidikan daerah dapat mengunduh data lengkap dalam format berkas Excel untuk dipelajari lebih lanjut sesuai kebutuhan.

Rapor Pendidikan dapat diakses melalui laman situs https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/ di peramban desktop maupun smartphone.

Untuk masuk ke dalam dashboard, satuan pendidikan maupun Dinas Pendidikan daerah wajib menggunakan akun pembelajaran (belajar.id). pastikan dinas pendidikan dan satuan pendidikan telah memiliki akun pembelajaran.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1664122207203_1664122241

Trending

Prilly Latuconsina Bakal Jadi Dosen Tamu di UGM Pekan Depan

SIAPBELAJAR.COM- Prilly Latuconsina dijadwalkan menjadi dosen tamu di Universitas Gadjah Mada (UGM) pekan depan.Artis 25 tahun itu tergabung dalam program praktisi mengajar Kementerian Pendidikan, Keb
1664156657174_1664156734

Trending

Badan Bahasa Kemendikbudristek Luncurkan Video Animasi Litrasi untuk Anak

SIAPBELAJAR.COM - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa ( Badan Bahasa ) Kemendikbudristek meluncurkan Video Animasi Pembelajaran Literasi Numerasi: Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican. Ini meru
1664166140784_1664166171

Belajar

Kemendikbudristek Himpun Suara Industri untuk Penguatan Vokasi 2023

SIAPBELAJAR.COM - Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi menjadi salah satu agenda prioritas Presiden Jokowi dalam rangka memperkuat sektor ekonomi dan daya saing bangsa. Dengan terbitnya Peratu
1664166149369_1664166195

Belajar

Mengenal Sistem Baru Masuk PTN

SIAPBELAJAR.COM- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud) Nadiem Makariem telah menyampaikan perubahan skema seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) beberapa waktu lalu. Kin
1663988675989_1663988788

Belajar

Wujudkan Pendidikan yang Lebih Merata dengan Akun Belajar.id

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyediakan akun pembelajaran (belajar.id) bagi jutaan siswa dan guru di Indonesia. Akun digital yang tu