Masyarakat Bisa Lihat Hasil Rapor Pendidikan Indonesia, Ini Caranya

Jojon, S. Kom

Penulis : Jojon, S. Kom
Editor : Asop Ahmad

0

0

Belajar
1663715583843_1663715666

Masyarakat Bisa Lihat Hasil Rapor Pendidikan Indonesia, Ini Caranya

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah meliris Rapor Pendidikan Indonesia sebagai salah satu upaya perbaikan mutu pendidikan di Indonesia.

Rapor Pendidikan adalah platform yang menampilkan hasil Asesmen Nasional (AN) dan survei nasional satuan pendidikan (sekolah) atau daerah.

Sekolah dan dinas pendidikan dapat menjadikan Rapor Pendidikan sebagai acuan dalam mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya, dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh.

Terdapat dua jenis Rapor Pendidikan yaitu rapor satuan pendidikan dan rapor pendidikan daerah. Rapor satuan pendidikan menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan di sekolah sedangkan Rapor pendidikan daerah menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan dari daerah dan satuan pendidikan di daerah tersebut.

Cara akses Rapor Pendidikan Publik

Selain ditujukan bagi satuan pendidikan dan pemerintah daerah, Kemendikbud Ristek juga membuka akses Rapor Pendidikan Publik bagi masyarakat.

Transparansi data rapor pendidikan kepada publik merupakan upaya untuk mengajak masyarakat ikut melihat, mengawal, dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Rapor Pendidikan Publik merupakan gambaran mengenai mutu pendidikan pada suatu wilayah berdasarkan kerangka penilaian yang dikembangkan dari model input, proses, dan output tentang kinerja atau efektivitas satuan pendidikan.

Rapor Pendidikan Publik mencakup sejumlah hal, seperti hasil kemampuan literasi dan numerasi berdasarkan Asesmen Nasional yang telah dilakukan.

Kemampuan literasi adalah kemampuan peserta didik dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Sementara kemampuan numerasi adalah kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Masyarakat dapat melihat hasil Rapor Pendidikan dengan mengaksesnya melalui link https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/

Sementara bagi satuan pedidikan dan pemda, Rapor Pendidikan dapat diakses melalui laman situs https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/

Untuk masuk ke dalam dashboard, satuan pendidikan maupun Dinas Pendidikan daerah wajib menggunakan akun pembelajaran (belajar.id). Jadi, pastikan dinas pendidikan dan satuan pendidikan telah memiliki akun pembelajaran.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1664166140784_1664166171

Belajar

Kemendikbudristek Himpun Suara Industri untuk Penguatan Vokasi 2023

SIAPBELAJAR.COM - Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi menjadi salah satu agenda prioritas Presiden Jokowi dalam rangka memperkuat sektor ekonomi dan daya saing bangsa. Dengan terbitnya Peratu
1664166149369_1664166195

Belajar

Mengenal Sistem Baru Masuk PTN

SIAPBELAJAR.COM- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud) Nadiem Makariem telah menyampaikan perubahan skema seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) beberapa waktu lalu. Kin
1663911801954_1663911821

Belajar

Kemendikbudristek Gelar Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan 2022

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menggelar acara webinar Sosialisasi
1663912341304_1663912369

Belajar

Pameran Kampung Purba Ciptakan Edukasi Menyenangkan Bagi Siswa

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan pameran prasejarah bertema “Jejak Peradaban Prasejarah di Nusantara”. Pameran dibuka secar
1663738008840_1663738074

Saintek

Ambisi Nadiem untuk Bawa Superapp Edukasi Menjadi Mendunia

SIAPBELAJAR.COM- Aplikasi Merdeka Mengajar adalah super app yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu guru mengajar, mengembangkan kompetensi, dan bekerja lebih baik.Den