Perubahan Sanksi Terhadap Pelajar Rusia di Estonia

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Danang Hamid

0

0

Belajar
1660635460522_1660635472

Estonia, Eropa Utara

SIAPBELAJAR.COM - Menurut Kementerian Luar Negeri Estonia, pelajar dari Rusia yang sudah belajar di Estonia akan dibebaskan dari larangan visa Schengen, menyusul perubahan sanksi yang dikenakan pada pelajar Rusia.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian mengatakan bahwa siswa Rusia yang belum menyelesaikan studi mereka di Estonia akan dapat memperpanjang izin tinggal mereka selama satu tahun.

Siswa dapat memperpanjang izin tinggal mereka dengan mengajukan permohonan mereka ke Polisi dan Badan Penjaga Perbatasan.

“Siswa dari Rusia yang tidak berhasil menyelesaikan studi mereka dalam waktu nominal dapat mengajukan permohonan perpanjangan izin tinggal satu tahun sehingga mereka dapat menyelesaikan studi mereka di sini. Untuk itu, permohonan perpanjangan izin tinggal harus diajukan ke Polisi dan Badan Penjaga Perbatasan” tulis Kemenlu dalam keterangannya.

Pada 11 Agustus, pemerintah Estonia menyetujui sanksi untuk membatasi jumlah visa yang dikeluarkan untuk warga negara Rusia dan mereka yang ingin memasuki negara itu dari perbatasan luar. Orang Rusia dengan visa Estonia yang ingin mengunjungi negara itu untuk pariwisata, olahraga, bisnis atau budaya juga tidak diizinkan memasuki negara itu di bawah sanksi.

Namun demikian, kementerian mengatakan bahwa warga negara Rusia yang telah diberikan visa oleh negara anggota Schengen lain atau yang sudah tinggal di negara Schengen diizinkan untuk memasuki Estonia.

Banyak Siswa yang Tidak Aman Jika Kembali Ke Negara Asalnya

Mengomentari keputusan untuk mengizinkan siswa Rusia memperpanjang izin tinggal selama satu tahun, Menteri Dalam Negeri, Lauri Läänemets mengatakan bahwa para siswa ini telah menghadapi situasi yang tidak terduga karena sanksi yang telah diberlakukan daerah tersebut selama musim semi. Menurutnya, bagi banyak siswa yang tidak aman untuk kembali ke negara asalnya karena situasi di sana.

“Bagi banyak anak-anak muda ini, mungkin berbahaya untuk kembali ke rumah dalam situasi saat ini karena mereka telah berbicara membela Ukraina dan mengkritik agresi dan rezim Rusia. Dengan adanya ucapan tersebut, mereka dapat dihukum berdasarkan hukum pidana di Rusia, oleh karena itu perlu dilakukan adanya perpanjangan izin tinggal para siswa ini selama satu tahun sehingga mereka dapat menyelesaikan studi mereka di sini” kata Läänemets.

Mengenai Sanksi yang Diberlakukan di Estonia

Kementerian mengumumkan bahwa sanksi akan mulai berlaku pada 18 Agustus.

Pada awal bulan ini, Kementerian Luar Negeri Estonia mengatakan bahwa Estonia tidak akan mengeluarkan visa pelajar atau izin tinggal untuk Rusia serta menambahkan bahwa Rusia dan orang-orang dari Belarusia dapat mendaftar untuk pekerjaan jangka pendek hanya jika mereka memiliki visa Estonia yang valid.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1661919586180_1661919604

Belajar

66 Siswa Rusia Mendapatkan Beasiswa Erasmus+

SIAPBELAJAR.COM - Erasmus Mundus Joint Masters (EMJM) atau Master Bersama Erasmus Mundus telah memberikan beasiswa kepada 66 siswa Rusia untuk melanjutkan studi master mereka di universitas-universi
1660987977302_1660987991

Trending

Xi Jinping dan Putin Akan Menghadiri KTT G20 di Bali

SIAPBELAJAR.COM - Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa Xi Jinping dari China dan Vladimir Putin dari Rusia berencana untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada bulan November."Xi Jinping akan datang
1660635460522_1660635472

Belajar

Perubahan Sanksi Terhadap Pelajar Rusia di Estonia

SIAPBELAJAR.COM - Menurut Kementerian Luar Negeri Estonia, pelajar dari Rusia yang sudah belajar di Estonia akan dibebaskan dari larangan visa Schengen, menyusul perubahan sanksi yang dikenakan pad
1659585431434_1659585437

Belajar

Estonia Berhenti Mengeluarkan Visa dan Izin Tinggal untuk Pelajar Rusia

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Luar Negeri Estonia telah mengumumkan bahwa Estonia (negara di kawasan Baltik, Eropa Utara) tidak akan lagi mengeluarkan visa pelajar atau izin tinggal bagi warga negar
1658464086283_1658464317

Trending

Pasokan Gandum Rusia Ukraina Langka Harga Mie Instan Naik

SIAPBELAJAR.COM - Kepala staf kepresidenan moeldoko mengatakan harga mie instan akan naik di tengah perang Rusia - Ukraina.Menurut Moeldoko, konflik antara Rusia - Ukraina membuat harga gandum naik, k