3 Kesalahan Ketika Ngejar PTN

Intan Suryani

Penulis : Intan Suryani
Editor : Danang Hamid

0

0

Belajar
1660489430812_1660489461

Ilustration

SIAPBELAJAR.COM- Perlu kamu tahu nih, banyak calon mahasiswa gagal masuk PTN karena kesalahan yang kerap kali dilakukan. So, biar kamu tetap sukses masuk PTN, kamu harus menghindari hal-hal berikut: 

1. Sewaktu masuk SMA tak tau apa itu SNMPTN, SBMPTN dan UM

Ada tiga jalur masuk ke perguruan tinggi, yaitu jalur masuk Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilakukan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), serta jalur masuk melalui Mandiri. Bagi calon mahasiswa baru, kamu wajib mengetahui jalur masuk tersebut. 

Meskipun jalur masuk ke perguruan tinggi berbeda, namun sebagai calon mahasiswa kamu harus tetap siap dan mampu menyiapkannya dengan baik ya. Dengan menyiapkan dirimu sebaik mungkin, kamu akan lebih siap dan percaya diri saat masuk ke perguruan tinggi. 

2. Terlalu berharap SNMPTN

Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi melalui nilai rapor dan prestasi akademik. 

Dari beberapa artikel yang saya baca alasan untuk tidak berharap lolos SNMPTN adalah karena kouta yang penerimaannya kecil sehingga kecil kemungkinan untuk lolos. 

Lalu sebernarnya untuk sistem penilaian kelolosan SNMPTN tidak ada yang tahu bagaimana prosesnya, sehingga semuanya hanya bisa dipasrahkan kepada Tuhan dan tergantung keberuntungan.

Karena hal ini pun pernah saya alami ketika masih duduk di kelas 12, namun kesalahannya adalah saya terlalu percaya diri akan diterima SNMPTN dengan alasan nilai akademik saya cukup baik. Namun pada akhirnya, saat pengumuman kelulusan saya dinyatakan tidak lolos. 

Jadi untuk teman-teman kelas 12 disana, lebih baik jangan terlalu berharap untuk lolos SNMPTN, lebih baik sekarang fokus saja dengan persiapan SBMPTN.

3. Baru belajar UTBK-SBMPTN setelah tak lolos SNMPTN

Karena terlalu yakin dengan hasil SNMPTN, kamu jadi gak belajar dengan materi SBMPTN. Akibatnya, kamu gak siap sama sekali saat menghadapi tes UTBK-SBMPTN. 

Belajar setelah pengumuman SNMPTN akan mengurangi kesiapan untuk masuk ke perguruan tinggi. Kesiapan yang kurang akan menghambat kamu lolos masuk ke perguruan tinggi.

Padahal besar kemungkinan diterima di perguruan tinggi negeri jika SBMPTN dipersiapkan dengan baik. 

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1661435737716_1661436517

Trending

Tanggapan Rektor UNY Mengenai Penghapusan Seleksi Mandiri di PTN

SIAPBELAJAR.COM- Peristiwa Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK dalam kasus dugaan suap penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2022 menuai berb
1660922283844_1660922337

Share and Care

Tips Mengatasi Homesick Bagi Mahasiswa Baru

SIAPBELAJAR.COM- Sebagai mahasiswa yang kuliah di luar kota atau jauh dari keluarga, apakah Kamu sering merindukan suasana rumah (homesickness)? Namun sayangnya Kamu tidak bisa pulang karena masalah j
1660489430812_1660489461

Belajar

3 Kesalahan Ketika Ngejar PTN

SIAPBELAJAR.COM- Perlu kamu tahu nih, banyak calon mahasiswa gagal masuk PTN karena kesalahan yang kerap kali dilakukan. So, biar kamu tetap sukses masuk PTN, kamu harus menghindari hal-hal berikut:&n
1659451129384_1659451207

Belajar

Tips Belajar Saat Malam Hari

SIAPBELAJAR.COM- Ada tidak di antara kalian yang suka banget belajar di malam hari? Pasti beberapa ada dong, hehe. Banyak orang yang menyukai belajar di malam hari karena suasananya sunyi dan minim di
1659276671951_1659276698

Belajar

Tips Meningkatkan Kembali Mood Belajar

SIAPBELAJAR.COM- Belajar merupakan kegiatan yang sering dicap membosankan oleh sebagian orang. Karena itu, mereka jadi tidak dapat melakukan ini untuk waktu yang lama.Jadi, jika kamu sedang dalam fase