Peran Universitas di Australia Dalam Mengangkat Produktivitas Bangsa

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Danang Hamid

0

0

Belajar
1659922153262_1659922147

Sydney Opera House, Australia

SIAPBELAJAR.COM - Komisi Produktivitas Pemerintah Australia telah merilis laporan sementara yang menurutnya universitas memiliki peran kunci dalam menangani masalah produktivitas negara.

Universitas Australia menyambut baik laporan tersebut dengan mengatakan bahwa produktivitas sangat penting untuk masa depan Australia yang lebih cerah.

Menyusul rilis laporan tersebut, Kepala Eksekutif Universitas Australia, Catriona Jackson mengatakan bahwa universitas menghasilkan lulusan berketerampilan tinggi serta menghasilkan inovasi teknologi dan sosial yang dibutuhkan negara untuk meningkatkan produktivitas.

“Universitas merupakan bagian integral dari keempat bidang fokus kebijakan yang diidentifikasi oleh Komisi Produktivitas, diantaranya adalah inovasi, ide dan proses baru; data, teknologi digital, dan keamanan siber; lingkungan bisnis yang ramah produktivitas; serta tenaga kerja yang terampil dan terdidik” kata Jackson.

Dia pun menjelaskan bahwa saat ini masyarakat di Australia terus berjuang di tengah meningkatnya inflasi karena pertumbuhan produktivitas yang lambat.

Peran Universitas dalam Membangun Tenaga Kerja dan Keuntungan Ekonomi

Jackson lebih lanjut mengatakan bahwa universitas membantu dalam membangun tenaga kerja masa depan dengan memberdayakan bisnis.

“Universitas juga memberikan keuntungan ekonomi yang signifikan. Untuk setiap dolar yang diinvestasikan dalam penelitian dan pengajaran, $5 atau sekitar Rp 74 ribu dan $3 atau sekitar Rp 44 ribu dikembalikan ke ekonomi” kata Jackson.

Menurutnya, salah satu cara yang terbukti untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan memperkuat kerja sama antara industri dan sektor universitas. Dia menambahkan bahwa data yang tersedia juga menunjukkan terdapat pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan investasi R&D Australia.

“Kami juga mencatat refleksi laporan tentang persyaratan ekonomi modern dan kami setuju bahwa pengajaran berkualitas di universitas merupakan bagian integral dari pencapaian produktivitas yang besar,” katanya.

Eksplorasi Reformasi Produktivitas

Laporan yang dirilis pada 3 Agustus tersebut menawarkan konteks produktivitas yang luas untuk mengeksplorasi lebih banyak reformasi produktivitas.

Dalam pengajuannya ke Komisi Produktivitas pada awal tahun ini, Universitas Australia mengatakan bahwa ekonomi negaranya dapat tumbuh sebesar $24 miliar atau sekitar Rp 358 triliun dalam sepuluh tahun jika ada investasi sebesar 1% dalam penelitian.

Menurut pengajuan, investasi di universitas Australia juga merupakan investasi bagi masa depan Australia.

Peningkatan Pengeluaran untuk Penelitian dan Mengenai Sistem Pendidikan Australia

Setelah Biro Statistik Australia atau Australian Bureau of Statistics (ABS) mengindikasikan bahwa universitas di Australia meningkatkan pengeluaran untuk penelitian, dari $12,2 miliar atau sekitar Rp 182 triliun pada tahun 2018 menjadi $12,7 miliar atau sekitar Rp 189 triliun pada tahun 2020. Wakil Kepala Eksekutif Universitas Australia, Peter Chesworth mengatakan bahwa melalui penelitian, universitas dapat memecahkan tantangan terbesar bangsa.

Australia memiliki salah satu sistem pendidikan tinggi terbaik di dunia. Sebanyak tujuh universitas Australia masuk dalam peringkat universitas terbaik sepanjang masa. Di Australia, hak siswa dan kualitas pendidikan dilindungi oleh undang-undang negara.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1663816427824_1663816433

Share and Care

230 Paus Terdampar di Pantai Tasmania, Australia

SIAPBELAJAR.COM - Lebih dari 200 paus ditemukan terdampar di pantai terpencil di pesisir barat Tasmania, Australia. Setengah dari paus, yang dianggap sebagai paus pilot, diyakini masih hidup. Tim p
1663461014803_1663461026

Ekonomi

Upaya Pemerintah untuk Mendorong Siswa Internasional Belajar di Australia Barat

SIAPBELAJAR.COM - Menteri Pendidikan Internasional untuk Australia Barat, David Templeman mengumumkan bahwa Pemerintah Australia Barat menginvestasikan dana sebesar $16,8 juta atau sekitar Rp 169,3
1662948376175_1662948402

Belajar

Peran Universitas untuk Masa Depan Energi Australia

SIAPBELAJAR.COM - Universities Australia, badan yang mewakili 39 universitas di Australia mengatakan bahwa universitas kelas dunia Australia sangat penting untuk memastikan negara mencapai tujuan ik
1662361579676_1662361598

Belajar

Perpanjangan Hak Kerja Pasca-Studi untuk Siswa Internasional di Australia

SIAPBELAJAR.COM - Menteri Pendidikan Australia, Jason Clare mengatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan hak kerja pasca-studi bagi siswa internasional yang lulus dari universitas di Australia di
1662096158499_1662096193

Belajar

Seruan Perluasan Penempatan Klinis Bagi Siswa Kesehatan di Australia

SIAPBELAJAR.COM - Universities Australia telah menyerukan perluasan penempatan klinis bagi siswa pada studi kesehatan dalam upaya untuk menumbuhkan dan mempertahankan tenaga kerja kesehatan di Austr