Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa Indonesia di Rusia

Jojon, S. Kom

Penulis : Jojon, S. Kom
Editor : Asop Ahmad

0

0

Belajar
1659699170981_1659699187

Peringatan HUT RI ke-77 di Rusia Dibuka dengan Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa Indonesia

SIAPBELAJAR.COM - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Federasi Rusia, para mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) menyelenggarakan Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa Indonesia tahun 2022.

Pada ajang ini, Mohamad Herlin Idris, mahasiswa studi S2 Bidang New Material and Additive Technology pada Peter The Great St. Petersburg Polytechnic University di St. Petersburg, serta Rosmariani Manalu, mahasiswi S2 Bidang Pariwisata di Kazan State University, terpilih sebagai pemenang dan dinobatkan menjadi Putra dan Putri Permira Tahun 2022 dalam grand final pemilihan yang digelar di KBRI Moskow pada Minggu, (17/7).

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Federasi Rusia merangka Republik Belarus, Jose Tavares menyampaikan pemilihan Putra-Putri Permira merupakan ajang kompetisi tahunan yang bertujuan untuk memberdayakan potensi dan bakat mahasiswa, memupuk semangat kebangsaan dan nasionalisme serta menjadi wadah promosi budaya Indonesia di negara akreditasi.

“KBRI Moskow akan senantiasa mendukung berbagai upaya positif Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan yang dapat mengaktualisasikan peran aktif mereka sebagai generasi penerus bangsa,” ujar Dubes Jose Tavares pada acara penobatan.

Menjadi Duta di Rusia

Melalui kegiatan ini, Dubes Jose berharap dapat menemukan sosok mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang berwawasan luas, inspiratif, berbakat, dan memiliki passion untuk menjadi duta pemuda-pemudi Indonesia di Rusia.

“Putra-putri yang terpilih ini diharapkan dapat merepsentasikan berbagai citra positif Indonesia dan memperkuat jalinan people-to-people contact antara mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa Rusia serta International Youth Community lainnya di Rusia,” tuturnya.

Ketua Umum Permira, Muhamad Zidni Ilman Noor menjelaskan Pemilihan Putra-Putri Permira Tahun 2022 merupakan edisi keempat dan kali kedua penyelenggaraan yang dilaksanakan berkolaborasi dengan KBRI Moskow dan Kemendikbudristek RI melalui kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI Moskow.

”Kami berharap kegiatan ini dapat semakin memaksimalkan potensi mahasiswa dimana ketika berada di luar negeri tidak saja fokus menuntut ilmu namun dapat menjadi wajah dalam promosi budaya Indonesia mengingat mahasiswa sehari-harinya bersentuhan langsung dengan masyarakat, yakni teman di kampus dan warga setempat, khususnya bangsa Rusia,” ujar mahasiswa asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang sedang menempuh pendidikan S1 jurusan Hubungan Internasional di Kazan State University.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1660350928913_1660350950

Belajar

Pendidikan Indonesia Pulih Bangkit Lebih Cepat & Kuat dengan Dukungan Teknologi

SIAPBELAJAR.COM - Proses pembelajaran di era pandemi memaksa tenaga pendidik, peserta didik, dan orang tua untuk beralih menggunakan teknologi. Saat ini, dalam pemulihan pembelajaran pascapandemi, Kem
1659923947502_1659923982

Belajar

Kado Kemerdekaan RI, OSN 2022 Lahirkan Generasi Emas Indonesia Bidang Sains

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pres
1659699170981_1659699187

Belajar

Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa Indonesia di Rusia

SIAPBELAJAR.COM - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Federasi Rusia, para mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) menye
1659530418069_1659530452

Belajar

Makna Luas Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

SIAPBELAJAR.COM - Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada Jumat, 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaaan Timur No 56, Jakarta. Soekarno membacakan naskah proklamasi dengan lantang yang telah d