Estonia Berhenti Mengeluarkan Visa dan Izin Tinggal untuk Pelajar Rusia

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Neli Krismawati

0

0

Belajar
1659585431434_1659585437

Estonia, Negara di Kawasan Baltik di Eropa Utara

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Luar Negeri Estonia telah mengumumkan bahwa Estonia (negara di kawasan Baltik, Eropa Utara) tidak akan lagi mengeluarkan visa pelajar atau izin tinggal bagi warga negara Rusia menyusul keputusan pemerintah negaranya untuk menyetujui paket sanksi atas perang di Ukraina.

Menurut rilis media yang dikeluarkan oleh kementerian, di bawah sanksi ini, warga Rusia dan Belarusia dapat mendaftar untuk pekerjaan jangka pendek hanya jika mereka memiliki visa valid yang dikeluarkan oleh Estonia.

Menteri Luar Negeri, Urmas Reinsalu mengatakan bahwa tindakan Rusia terhadap Ukraina tidak hanya melanggar integritas teritorial, kedaulatan dan kemerdekaan Ukraina, namun juga mengancam keamanan negara serta Uni Eropa.

“Kelanjutan sanksi terhadap Rusia sangat penting untuk memastikan tekanan tanpa henti terhadap negara. Jika sanksi membantu menghentikan agresi Rusia, maka efek positif pada keamanan kita sendiri akan terjadi” kata Reinsalu.

Amandemen Sanksi

Siaran pers mencatat bahwa amandemen sanksi juga berarti bahwa pekerjaan jangka pendek warga negara Rusia dan Belarusia tidak akan lagi terdaftar.

Sebagai akibatnya, mereka tidak akan bisa mengajukan permohonan visa jangka panjang untuk tujuan tersebut.

“Dengan amandemen ini, kami akan menghilangkan skenario di mana visa Schengen jangka pendek diterapkan, untuk tujuan pariwisata, misalnya dari negara anggota lain untuk melewati sanksi saat ini” tambah Reinsalu.

Sebelumnya juga telah dilaporkan bahwa lembaga pendidikan tinggi di Estonia sedang mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi baru pada siswa Rusia dan Belarusia karena agresi Rusia di Ukraina.

Universitas yang Tidak Akan Menerima Mahasiswa dari Rusia dan Belarusia

Universitas Tartu (UT) adalah salah satu universitas pertama yang mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi menerima mahasiswa baru yang berasal dari Rusia dan Belarusia karena masalah keamanan.

Universitas lain yang bergabung dengan UT adalah Tallinn University dan Estonian University of Life Sciences.

Mengakhiri Kemitraan dan Penangguhan Keanggotaan Universitas Rusia

Sebelumnya, Komisi Uni Eropa meminta layanannya untuk mengakhiri kemitraan dengan lembaga penelitian dan pendidikan publik Rusia karena situasi di Ukraina.

Pada bulan Maret, Asosiasi Universitas Eropa atau European University Association (EUA) yang mewakili lebih dari 800 universitas dan konferensi rektor nasional di 48 negara Eropa mengumumkan keputusannya untuk menangguhkan keanggotaan 12 universitas Rusia.

Asosiasi mengatakan bahwa keputusan itu diambil setelah Persatuan Rektor Rusia atau Russian Union of Rectors (RUR) mengeluarkan pernyataan yang mendukung invasi Rusia ke Ukraina.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1660635460522_1660635472

Belajar

Perubahan Sanksi Terhadap Pelajar Rusia di Estonia

SIAPBELAJAR.COM - Menurut Kementerian Luar Negeri Estonia, pelajar dari Rusia yang sudah belajar di Estonia akan dibebaskan dari larangan visa Schengen, menyusul perubahan sanksi yang dikenakan pad
1660356527857_1660356543

Belajar

Kerjasama antara University of Sheffield dan Universitas Ukraina

SIAPBELAJAR.COM - University of Sheffield Inggris bekerja sama dengan salah satu universitas terbesar dan tertua di Ukraina, Institut Politeknik Igor Sikorsky Kyiv atau Igor Sikorsky Kyiv Polytechni
1660096955660_1660096989

Belajar

Pendaftaran Izin Tinggal Siswa Internasional yang Keluar dari Ukraina Segera Ditutup

SIAPBELAJAR.COM - Banyak siswa internasional yang terpaksa meninggalkan Ukraina karena perang dan menemukan tempat berlindung yang aman di Jerman. Saat ini mereka sedang menghadapi tenggat waktu un
1659763278346_1659763300

Belajar

Universitas Cambridge Akan Melatih Mahasiswa Kedokteran Ukraina

SIAPBELAJAR.COM - Seorang mahasiswa kedokteran Ukraina yang menyelamatkan nyawa saat tinggal di stasiun kereta bawah tanah selama empat bulan akan melanjutkan pelatihan klinisnya di Inggris.Proses
1659585431434_1659585437

Belajar

Estonia Berhenti Mengeluarkan Visa dan Izin Tinggal untuk Pelajar Rusia

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Luar Negeri Estonia telah mengumumkan bahwa Estonia (negara di kawasan Baltik, Eropa Utara) tidak akan lagi mengeluarkan visa pelajar atau izin tinggal bagi warga negar