Belajar Matematika Pakai Ubin

oleh -10 views
Belajar Matematika Pakai Ubin.(prioritaspendidikan.org
Arrief Ramdhani
Belajar Matematika Pakai Ubin.(prioritaspendidikan.org
Belajar Matematika Pakai Ubin.(prioritaspendidikan.org

GURU yang kreatif adalah guru yang bisa memanfaatkan instrument dan lingkungan yang ada di sekitarnya sebagai alat peraga dan materi bahan pembelajaran. Banyak benda-benda dan instrument yang ada di sekeliling kita yang sebenarnya bisa dijadikan alat peraga, entah itu buah-buahan, kertas berwarna, tanaman, bahkan ubin lantai sekalipun.

Itu pula yang diterapkan oleh Eko Wibowo, guru matematika kelas VIII di SMP Al Azhar, Medan. Eko Wibowo adalah salah satu guru yang mendapatkan pelatihan dari Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) USAID PRIORITAS. Ia adalah guru yang mau belajar dan menerapkan cara-cara baru dalam pengajaran. Bekerja sama dengan fasilitator LPTK, Izwita Dewi Lubis, Eko Wibowo mencari dan membuat materi-materi pembelajaran yang menyenangkan dan memudahkan siswa menerima pelajaran. Dalam pelajaran matematika, setelah mengajak siswa-siswanya di kelas VIII untuk  mengingat kembali cara membaca dan menuliskan bilangan bulat, Eko Wibowo mengajarkan murid-muridnya memecahkan masalah operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif. Ia memanfaatkan ubin sebagai pengganti garis bilangan.

banner 728x90

Eko Wibowo mengajar sambil bermain di luar kelas untuk melatih siswa memecahkan masalah-masalah dalam pembelajaran, misalnya pada pembelajaran tentang  operasi hitung bilangan bulat positif dan negative di kelas VIII. Eko mendemonstrasikan cara menjumlahkan bilangan positif dan negatif dengan menggunkan ubin-ubin di luar kelas sebagai pengganti garis bilangan.

Ia mengurutkan bilangan bulat dengan membariskan beberapa orang siswa di depan kelompok masing-masing dan salah seorang memberikan kartu bilangan secara acak kepada temannya secara bergantian. Siswa yang menerima kartu tersebut memilih tempat berdiri sesuai kartu dan urutan pada ubin lantai dan merentangkan tali. Ubin-ubin tersebut dijadikan sebagai pengganti garis bilangan.(prioritaspendidikan.org)