Belajar Bahasa Inggris Lewat Game Aja

oleh -49 views
Ilustrasi (testoefl.wordpress.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (testoefl.wordpress.com)
Ilustrasi (testoefl.wordpress.com)

UNTUK lancar berbahasa Inggris, cara ampuh yang perlu ditempuh adalah praktek langsung secara terus-menerus. Sayangnya, jika hanya mengandalkan pertemuan di kelas, maka waktu tersebut tidak akan cukup.
Oleh karena itu, Regional English Language Office mengembangkan game Trace Effects sebagai sarana belajar dan praktek bahasa Inggris untuk pelajar. Demikian disampaikan Regional English Language Officer US. Embassy Jakarta Erran Williams dalam seminar Using Trace Effects and other games to learn English besutan American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Di hadapan guru SMA/SMK DIY, Williams pun mengenalkan game Trace Effects sebagai salah satu metode belajar bagi para siswa. Dia menjelaskan, saat ini sekolah bukan menjadi satu-satunya sumber pengetahuan.

“Berkembangnya teknologi membuat munculnya berbagai sumber pengetahuan baru seperti internet dan game yang sangat digemari masyarakat termasuk di Indonesia. Anak saya tidak tidak hanya belajar dari saya tapi juga dari sumber yang lain seperti internet,” ungkap Williams, seperti dinukil dari laman UMY, Selasa (25/6/2013).

Keterbatasan waktu belajar bahasa Inggris di sekolah, menurut Williams, membuat sekolah bukan lagi menjadi satu-satunya tempat paling penting untuk mempelajari bahasa Inggris. Pelajar, lanjutnya, juga akan banyak dibentuk oleh aktivitas di luar sekolah.

“Dua kali seminggu tidak cukup untuk belajar bahasa Inggris. Sehingga mereka membutuhkan praktek di luar sekolah,” paparnya.

Aktivitas di luar sekolah, kata Williams, saat ini banyak diisi oleh bermain game. Sehingga penting untuk menjadikan game sebagai salah satu metode belajar dan mempraktikkan bahasa Inggris. “Cara yang paling efektif untuk belajar adalah melalui permainan yang menyenangkan,” beber Williams.

Dalam game Trace Effects, tambahnya, pemain dapat belajar percakapan sesuai dengan konteks yang dikemas dengan misi petualangan seorang tokoh bernama Trace. Selain itu, game tersebut dapat memberikan pendidikan moral dan karakter.

“Dalam game ini ada tahap yang mengajarkan bagaimana seseorang berbahasa yang sopan dalam bahasa Inggris. Apabila pemain tidak dapat berbahasa yang sopan, maka tidak akan mendapatkan poin,” jelasnya.

Bahkan, game yang diluncurkan pada tahun lalu itu bukan hanya sebagai metode belajar bahasa Inggris. Para pelajar dapat memperoleh berbagai informasi tentang Amerika Serikat khususnya pendidikan dan beasiswa melalui permainan tersebut.

Dalam acara tersebut, setiap peserta juga mendapatkan DVD Trace Effect Teacher Edition untuk dikenalkan kepada para siswa dan dapat diinstall pada lebih dari satu komputer secara gratis. Gametersebut juga dapat diunduh melalui internet dan tersedia versi android untuk dimainkan dismartphone.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.