Bebas Krisis, AS Gencar Beri Beasiswa

oleh -13 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi

SALAH satu alternatif pembiayaan studi yang diincar pelajar internasional adalah beasiswa. Program ini pulalah yang menjadi nilai jual pemerintah berbagai negara untuk menarik lebih banyak pelajar asing ke negara mereka.
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Scot Marciel menjelaskan, setiap tahun, pemerintah AS menyediakan ratusan beasiswa untuk pelajar internasional. “Selain beasiswa dari pemerintah, kampus-kampus kami juga membuka program beasiswa sendiri,” tutur Marciel ketika membuka pameran pendidikan tinggi AS, EducationUSA Fair 2013, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Minggu (3/2/2013).

Marciel mengklaim, AS telah bebas dari krisis finansial. Bahkan pertumbuhan ekonomi AS mencapai 2,2 persen. Kondisi ini, ujar Marciel, tidak membuat pemerintah AS bermasalah dalam memberikan bantuan finansial kepada mahasiswa, baik dalam maupun luar negeri.

“Kami meningkatkan jumlah beasiswa untuk pelajar internasional. Bahkan, untuk program beasiswa Fullbright, ada 300 beasiswa untuk pelajar Indonesia. Ini program Fullbright paling besar di dunia,” tuturnya.

Saat ini ratusan ribu pelajar internasional sedang menuntut ilmu di AS. Dari jumlah itu, sekira 7.000 di antaranya merupakan pelajar dari Indonesia. Pemerintah AS pun mendorong lebih banyak lagi pelajar Indonesia untuk menempuh studi di AS.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.