Beban Guru PAI Lebih Berat daripada Guru Madrasah

oleh -6 views
Ilustrasi (sman2purworejo.sch.id)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (sman2purworejo.sch.id)
Ilustrasi (sman2purworejo.sch.id)

BEBAN yang ada di guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengajar di sekolah-sekolah umum jauh lebih berat daripada guru madrasah. Hal itu disebabkan guru PAI mengajarkan beberapa pelajaran yang biasanya diberikan guru madrasah.

“Kalau guru madrasah seperti MI, MTs, dan MA hanya mengajarkan pendidikan agama islam yang dipisah-pisah seperti Alquran hadis, fikih, sejarah kebudayaan Islam, Akidah akhlak, dan Bahasa Arab. Namun, PAI melingkupi semua mata pelajaran itu,” kata Kabid Pendidikan Agama Islam Kemenag Jabar, Athoillah, dalam rakor Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jabar di Gedung BKM, Sabtu, 27 Agustus 2016.

Beban lainnya berkaitan dengan pendidikan karakter yang umumnya dibebankan kepada guru-guru PAI. “Padahal, pendidikan karakter merupakan tugas semua guru mata pelajaran. Guru Biologi yang menerangkan struktur tubuh manusia harus bisa mengarahkan kepada Sang Pencipta manusia,” tuturnya.

Lebih jauh Athoillah mengatakan, selama ini asosiasi guru mata pelajaran seperti AGPAII dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) belum mendapatkan bantuan dana dari pemerintah. “Apalagi AGPAII yang memiliki dua atasan yakni di Dinas Pendidikan dan Kemenag. Karena khawatir terjadi bantuan ganda sehingga akhirnya AGPAII tidak memperoleh bantuan sama sekali,” ucapnya. .( pikiran-rakyat.com)