Baru Lulus, Mahasiswa Harus Pintar Cari Peluang Kerja

oleh -1 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

DI abad ke-21 ini, persaingan dunia kerja sudah semakin ketat di era zaman globalisasi. Para mahasiswa yang baru lulus, harus pintar-pintar mencari kerja dengan kemampuannya yang ada.
Pengamat Pendidikan M. Abduhzen mengatakan, para lulusan sarjana harus siap bersaing di dunia kerja. Yang paling penting harus memiliki jiwa keterampilan, yaitu yang pertama mempunyai kemampuan berpikir obyektif. Kedua, mempunyai kemampuan atau skill berkomunikasi yang baik.

“Terkait juga termasuk kemampuan berbahasa yang baik ini tentu saja Bahasa Indonesia secara tertulis dan berbicaranya, kemudian mempunyai kemampuan berbahasa Inggris karena lapangan pekerjaan sangat tergantung dari komunikasi yang kompleks,” ucapnya saat dihubungiOkezone, Kamis (20/6/2013).

Lanjutnya, dalam dunia kerja harus mempunyai sikap konsekuen terhadap profesinya. Kemudian ketiga yaitu integritas pribadi, yakni memiliki sikap konsekuen.

“Berbicara secara efektif yang sesuai dengan yang dilakukannya, manajemen yang bagus ketika memasuki dunia kerja,” katanya.

Menurut Abduhzen, dia menyarankan untuk lulusan sarjana agar melanjuti ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, seperti S2.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.