Bantu Sukseskan Pendidikan Nonformal

oleh -4 views
Dokumen Unpas
Arrief Ramdhani
Dokumen Unpas
Dokumen Unpas

POJOK Baca yang dibuat mahasiswa AN Unpas untuk mendekatkan buku kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat ilmu yang mereka dapat dengan membaca buku.
Untuk memenuhi persyaratan membuat sebuah skripsi, setiap mahasiswa tingkat akhir program studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Pasundan (AN Unpas) wajib menuntaskan mata kuliah Riset dan Parktik (Ristek).

Kegiatan Ristek ini, merupakan kegiatan dari mata kuliah kurikulum nasional program studi AN yang menjadi prasyarat menyusun laporan akhir studi dalam bentuk skripsi. Karenanya kegiatan Ristek ini kerap disebut jug sebagai laboratorium pelatihan dalam menyusun skripsi.

banner 728x90

Lebih dari delapan tahun berjalan, lokasi kegiatan Ristek pun dilakukan di sejumlah desa di Jawa Barat. Memasuki 2015 ini, sebanyak 132 mahasiswa AN Unpas membuat sebuah program kegiatan di wilayah Kecamatan Ciwidey dan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Mereka sepakat membuat Pojok Baca agar dapat digunakan masyarakat sekitar. Wujud Pojok Baca sederhana, hanya sebuah rak kecil berukuran 120×60 cm berisi buku-buku pelajaran maupun buku umum. Pojok Baca ini nantinya akan disebar di dua kecamatan yang terdiri dari 11 Desa.

Desa yang mereka pilih adalah Desa Patengan, Desa Alam Endah, Desa Indragiri, Desa Sukaresmi, Desa Cipelah dan beberapa desa lain di Kabupaten Bandung. Pojok Baca ditempatkan di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD ataupun di tempat umum yang mudah diakses masyarakat.

“Pojok Baca ini adalah langkah kecil kami sebagai mahasiswa AN Unpas dalam program riset, praktik serta pegabdian masyarakat. Pojok Baca hanya salah satu ikhtiar kami untuk menyukseskan program pemerintah di dalam pendidikan nonformal,” papar Koordinator Acara Ekky Veby saat ditemui INILAH, Selasa (18/8).

Kini pihaknya telah terkumpul 304 buku sumbangan mahasiswa AN Unpas. Setiap desa rata-rata mendapatkan 27 buku bacaan, sehingga nantinya Pojok Baca bisa berkembang dengan taman bacaan masyarakat ataupun perpustakaan desa.

“Kami akan berkoordinasi dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Bandung, agar nanti perkembangannya dikontrol dan semoga dapat di kembangkan masyarakat melalui koordinasi dengan FTBM Kabupaten Bandung. Kami optimistis Pojok Baca ini bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Lahirnya Pojok Baca ini diharapkan seluruh mahasiswa AN Unpas bisa mendekatkan buku kepada masyarakat. Sehingga masyarakat nanti terbiasa membaca, memaknai, serta menerapkan ilmu yang terdapat di buku tersebut.(inilahkoran.com)