Bank Indonesia Serahkan Beasiswa untuk 100 Mahasiswa

Monday 04 September 2017 , 8:25 AM
Ilustrasi

Ilustrasi

SEBANYAK  100 mahasiswa dari 4 perguruan tinggi negeri di Jawa Barat menerima beasiswa dari Bank Indonesia. Para penerima beasiswa itu secara otomatis bergabung dalam komunitas Generasi Baru Bank Indonesia (Genbi). Mereka diharapkan dapat memberikan manfaat lebih luas kepada masyarakat.

Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, program beasiswa BI ditujukan dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, indeks pembangunan manusia, dan meningkatkan motivasi belajar. Selain itu juga ingin menjamin keberlangsunan studi mahasiswa khususnya bagi yang mempunyai potensi akademik serta meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang akademik atau nonakademik.

“Perguruan Tinggi sebagai satuan pendidik merupakan komponen strategis dalam sistem pendidikan nasional guna mempersiapkan dan mencetak SDM yang tangguh, terampil, kompeten, kreatif dan inovatif,” katanya saat pelantikan dan edukasi “Karya Nyata Bank Indonesia di Setiap Makna Indonesia melalui Sinergitas Kepemimpinan Genbi” kepada 100 mahasiswa penerima beasiswa dari 4 PTN di Bandung, Kamis 31 Agustus 2017.

Keempat PTN tersebut adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Unversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Grup BI Jabar Ismet Inono dan perwakilan dari rektor, Prof. Dr. Didi Sukiyadi MA (UPI), Dr. Ir. Umar Khayam MT (ITB) dan Prof. Dr. D. Dienaputra M. Hum (Unpad), serta Saepudin, S.PD.I, MAg (UIN).

Pada tahun 2017 ini BI Jabar menyalurkan beasiswa sebesar Rp 1 miliar, yang terdiri dari mahasiswa UPI 40 orang, UIN 40 orang, ITB 10 orang, Unpad 10 orang.

Komunitas Genbi

Program Beasiswa BI tidak hanya mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi maupun biaya hidup, namun penerima Beasiswa BI juga akan diwadahi sebuah komunitas. Komuitas yang disebut dengan Generasi Baru Indonesia (Genbi) itu akan mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala dan terencana.

Materi pembekalan yang akan diberikan kepada Genbi, dikatakan Wiwiek, terutama peningkatan awareness materi kebanksentralan dan pembentukan dasar kepemimpinan (leadership). Selain itu, Genbi akan dibekali wawasan atau pengetahuan tentang tugas, peran, dan fungsi BI sebagai bank sentral, financial technology (fintech), ciri-ciri keaslian uang rupiah (cikur), serta public speaking, leadership dan entrepreneurship.

“Diharapkan dengan kegiatan edukasi tersebut mahasiswa menjadi lebih mengenal tugas dan peran Bank Indonesia dalam perekonomian bangsa. Juga pemberian materi leadeship dapat menjadi bekal awal bagi Genbi untuk beroganisasi. Tidak hanya bermanfaat dalam menggerakkan komunitas Genbi tetapi juga saat mereka berinteraksi dengan masyarakat,” kata Wiwiek.(pikiran-rakyat.com)

Comments are closed.