“Ayo Lawan Kekerasan Berbasis Gender!”

oleh -36 views

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Pendidikan Karakter (Puspeka) menyelenggarakan Proyek Akhir Blog dan Vlog Aksi Nyata Kita dengan tema “Ayo Lawan Kekerasan Berbasis Gender!”. Proyek akhir ini merupakan rangkaian seri webinar kampanye anti kekerasan berbasis gender yang diadakan Puspeka Kemendikbud pada bulan November ini.

Calon peserta dapat mengirimkan karya proyek akhir mulai tanggal 21 November 2020. Karya proyek akhir ini wajib diunggah melalui laman Puspeka Kemendikbud paling lambat pada tanggal 4 Desember 2020, pukul 18.00 WIB. Tiga peserta terbaik dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah gawai dan akan diumumkan melalui media sosial Puspeka Kemendikbud pada 12 Desember 2020. Informasi lebih lanjut dapat mengakses panduan proyek akhir melalui laman Puspeka Kemendikbud yaitu cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id.

Kepala Puspeka Kemendikbud, Hendarman, mengatakan, rangkaian webinar dan proyek akhir ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap masalah kekerasan berbasis gender. “Mari seluruh Sahabat Karakter untuk bersama-sama melawan kekerasan berbasis gender,” diungkapkan Hendarman saat pelaksanaan Webinar Anti Kekerasan Berbasis Gender secara virtual Jakarta, Sabtu, pekan lalu.

Diadakannya proyek akhir ini bertujuan untuk memperluas publikasi dari substansi rangkaian webinar kampanye anti kekerasan berbasis gender termasuk kekerasan seksual. selain itu, lomba ini juga memberikan wadah berekspresi dan berkompetisi bagi para penulis blog dan pembuat vlog, serta memberikan variasi dan pemicu daya tarik agar peserta tetap setia mengikuti webinar selanjutnya.

Selain itu, tujuan yang tidak kalah penting dari proyek akhir ini yaitu untuk menyampaikan pesan praktik baik terkait anti kekerasan berbasis gender dan memberikan contoh aksi nyata melawan kekerasan berbasis gender melalui media kampanye blog dan vlog.

Proyek akhir ini digelar dalam lima kategori peserta, yaitu siswa SMP sederajat, siswa SMA/SMK sederajat, mahasiswa, pendidik, dan umum. Masing-masing peserta hanya boleh memilih salah satu kategori proyek akhir, blog ataupun vlog.

Adapun syarat dan ketentuan umum dari proyek akhir Aksi Nyata Kita sebagai berikut. 1). Hasil karya bersifat orisinal, tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun, dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya; 2). Apabila karya menggunakan musik yang memiliki hak cipta, peserta harus melampirkan izin dari pemilik hak tersebut; 3). Karya yang diikutsertakan dalam lomba, tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis; 4). Seluruh karya tidak mengandung unsur ujaran Kebencian, SARA, pornografi, kekerasan dan politik; 5). Seluruh peserta hanya boleh mengikuti salah satu lomba Blog atau Vlog.

6). Seluruh peserta tidak dipungut biaya dalam mengikuti lomba; 7). Kemendikbud berhak menggunakan seluruh karya yang diikutkan pada lomba sebagai bahan sosialisasi penguatan pendidikan karakter; 8). Keputusan akhir juri tidak dapat diganggu gugat; 9). Kemendikbud dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga dan konsekuensi hukum atas karya yang dikirimkan. (kemdikbud)