Atase Pendidikan KBRI Port Moresby Tawarkan Unpad Kerjasama

oleh -77 views
Kampus Unpad
Arrief Ramdhani
Kampus Unpad
Kampus Unpad

ATASE Pendidikan KBRI Port Moersby Didik Wisnu Widjajanto, PhD menawarkan Unpad untuk melakukan kerjasama dengan pemerintah Papua Nugini untuk bidang pendidikan. Hal ini berdasar pada perjanjian kerja sama yang sudah lama antara Pemerintah RI dengan Papua Nugini, khususnya dalam hal peningkatan sumber daya manusia di negara yang berbatasan langsung dengan provinsi Papua tersebut.

Didik menyampaikan hal itu kepada Rektor Unpad Ganjar Kurnia saat menerima kunjungan President Papua New Guinea-Indonesia Alumni Association (PNG-IAA), Deputy National Board Society, Papua Nugini, Wilson Wariaka, B.Sc., M.T., di Ruang Rektor Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri Bandung, Selasa (6/5/2014), di sela-sela pelaksanaan Wisuda Gelombang III TA 2013/2014.

banner 728x90

Sebelumnya, Didik didampingi Dr. rer.net AB Susanto, M.SC dari Kemendikbud terlebih dahulu menghadiri prosesi wisuda salah seorang mahasiswa Papua Nugini dari program studi Magister Ilmu Lingkungan Unpad, Priscilla Gimini. Selain itu, rombongan pun akan bertemu dengan mahasiswa asal Papua Nugini yang sedang berkuliah di Bandung.

“Kita tawarkan Unpad akan lakukan kerja sama dengan universitas apa di Papua Nugini. Salah satu universitas, Divine Word University saat ini sedang mencari partner kerja sama, kita harapkan Unpad dapat menjadi bagian dari kerja sama tersebut,” kata Didik.

Di Unpad sendiri, menurut Didik, ada sekitar 4 orang mahasiswa asal Papua Nugini yang sedang menempuh studi Magister. Sehingga, diharapkan Unpad dapat lebih meningkatkan kerja samanya dengan Papua Nugini. “Saya pikir ini sangat penting dilakukan, karena dampaknya kerja sama itu akan saling memahami,” tambahnya.

Sementara Dr. AB Susanto mengatakan, akan mendukung penuh penjajakan kerja sama antara Unpad dengan Papua Nugini. Selain pengiriman mahasiswa asal Papua Nugini ke Unpad, ia pun akan mendorong kerja sama penelitian dengan perguruan tinggi di Papua Nugini.

“Salah satu potensi Unpad adalah di bidang pertanian atau lingkungan. Kita harapkan dapat terjalin kerja sama antara karena adanya kesamaan potensi antara Indonesia dengan Papua Nugini. Di sana akan terjadi terjadi transfer knowledge, teknologi, atau juga joint research antar mahasiswa dengan dosennya,” ungkap Dr. AB Susanto.(pikiran-rakyat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.