, , , , ,

Asyiknya Belajar Perubahan Wujud Benda: Mahasiswa Unja Membuat Es Krim

oleh -11 views
Sejumlah mahasiswa UNJA membuat Es Krim, perkuliahan ini diambil sebelum Covid-19.

SIAPBELAJAR.COM,- Mahasiswa sebagai calon guru kelas yang akan mengajar di sekolah dasar harus memiliki pedagogi yang baik. Program PINTAR Tanoto Foundation mengajarkan para dosen aktif dan banyak mengadakan percobaan selama perkuliahan. Sehingga ketika sudah menjadi guru mahasiswa memiliki bekal yang cukup. Salah satu muatan yang akan diajarkan guru kelas di SD adalah muatan ilmu pengetahuan alam, Senin, (29/6).

Materi perubahan wujud benda merupakan materi yang diajarkan di kelas V SD. Kompetensi pengetahuan 3.7 berada pada tingkatan pengetahuan C4, yaitu menganalisis. Berdasarkan pemendikbud no 37 tahun 2018 KD 3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun tingkatan kognisi berada pada level tinggi, materi pembelajaran sangat berkaitan dengan kehidupan siswa. Materi ini terutama tema 7 sub tentang perubahan wujud padat ke cair dapat disampaikan guru dengan kegiatan percobaan yang menyenangkan.

Percobaan pembuatan es krim merupakan perubahan wujud dari cair ke padat. Percobaan ini banyak telah banyak dilakukan guru di sekolah. Namun selama perkuliahan saya memodifikasi kegiatan agar menjadi lebih menyenangkan. Percobaan menggunakan alat dan bahan sederhana. Bahannya susu fullcream cair, es batu, garam dan alatnya sendok, mangkok, palstik besar dan kecil, karet gelang. Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menganalisis pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda tentang membeku dan mencair dalam kehidupan sehari-hari dengan benar”.

Kegiatan awal mahasiwa yang sudah duduk di kelompoknya masing-masing menonton video perubahan wujud benda pembuatan gula aren. Selama menonton video mahasiswa diminta untuk mengamati dan membuat pertanyaan tentang perubahan wujud benda membeku. Kegiatan ini merupakan kegiatan mengalami pada pendekatan MIKiR.

Biasakan Mahasiswa Berdiskusi

Dilanjutkan dengan interaksi, berdiskusi dalam kelompok dan membuat es krim dari alat dan bahan yang telah tersedia. Mahasiswa menjawab soal yang ada pada LKM. Sambil melakukan percobaan mahasiswa menjawab pertanyaan pada LKM secara berkelompok. Pembuatan es krim manual ini membutuhkan waktu yang lama. Untuk mempersiapkan alat dan bahan mahasiswa hanya membutuhkan waktu selam 10 menit. Proses susu cair membeku lebih kurang membutuhkan waktu 20-30 menit.

Proses pembuatan es krim, sebagai berikut: susu cair di masukkan ke plastik kecil dan ikat rapat jangan sampai ada yang bocor. Didalam plastik besar batu es besar yang sudah dihancurkan ditambahkan garam, diaduk. Plastik kecil berisi susu diletakkan ditengah plastik besar. Goncangkan sampai plastik kecil membeku.

Menunggu susu cair membeku, soal yang telah dibuat mahasiswa selama menonton videp menjadi kuis, ditambah soal dari saya. Sambil mengocangkan susu mahasiswa akan menjawab pertanyaan kuis. Hanya ada 3 pemenang dari 8 kelompok yang ada. Kelompok yang kalah harus merelakan sebagian es krim yang telah jadi ke kelompok yang menang. Mereka berlomba-lomba menjadi pemenang kuis sambil bergantian mengoncangkan esnya.

20 menit Es krim telah siap untuk dimakan, dipindahkan ke dalam mangkok. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya berdasarkan LKM. Setelah semua menyampaikan hasil diskusinya kelompok yang kalah memberikan sebagian es krim mereka kekelompok yang menang.
Sebelum refleksi mahasiswa asik berswafoto dengan es krim yang mereka buat. Mereka semua senang. Tujuan pembelajaran tercapai hatipun riang. Releksi mahasiswa menjawab pertanyaan dan memberikan pengalaman belajar hari ini.