Asyik, Tahun Ini ITB Punya Prodi Antihacker

oleh -3 views
Kampus ITB
Arrief Ramdhani
Kampus ITB
Kampus ITB

MULAI tahun ini, tepatnya September, Institut Teknologi Bandung (ITB) punya program studi (prodi) cyber security untuk yang menempuh S2. Prodi itu ada di bawah naungan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB yang ada di kawasan Jatinangor, Sumedang.
“Itu salah satu prodi baru kita untuk tahun ini,” kata Rektor ITB Akhmaloka di Bandung, Jawa Barat, Senin (27/5/2013).

Dalam prodi itu, para mahasiswa akan dicetak untuk ‘melawan’ para hacker yang ada. Sebab keberadaan hacker cukup berpengaruh negatif. “Ya bisa dibilang lulusannya seperti itu, antihacker,” ungkapnya.

banner 728x90

Adanya prodi itu sesuai dengan tuntutan zaman. Sebab era teknologi semakin maju. Kejahatan di dunia maya atau cyber crime pun mengintai. Otomatis, perlu banyak orang yang ahli di bidangnya untuk melawan cyber crime.

“Untuk tahun pertama, hanya beberapa orang saja mahasiswanya, belum dibuka untuk umum. Tahun berikutnya baru kita buka untuk umum,” jelas Akhmaloka.

Rencananya, tahun ini hanya akan ada sekira 50 mahasiswa yang bisa ikut dalam prodi tersebut. “Itu pun hanya untuk mereka yang mengikuti program fast record di ITB pada prodi yang backgroundnya informatika,” paparnya.(kampus.okezone.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.