Asyik, Ada Sekolah Negeri Pilot Lagi

oleh -4 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PEMERINTAH akhirnya kembali membangun sekolah pilot negeri setelah 61 tahun tidak ada sekolah sejenis di Tanah Air.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memulai peletakan batu pertama sekolah pilot negeri Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) di Banyuwangi, Jawa Timur. Diketahui, pemerintah kali terakhir mendirikan sekolah serupa pada 1952 di Tangerang atau yang dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, sekolah tersebut dibangun di atas lahan 5.000 meter persegi di kawasan sebelah selatan Bandara Blimbingsari, Banyuwangi.

“Peletakan batu pertama sudah selesai dilakukan kemarin. Kami berharap sekolah pilot ini bisa ikut memenuhi kebutuhan SDM di industri penerbangan yang terus meningkat,” ujar Anas, dalam siaran persnya kepada Okezone, Jumat (14/6/2013).

Kemenhub pada tahun lalu memprediksi total penumpang maskapai penerbangan nasional berjadwal mencapai 72.472.054, di mana 63.625.129 penumpang di antaranya merupakan penumpang domestik dan 8.846.925 penumpang internasional.

“Indonesia adalah pasar besar bagi industri penerbangan. Ke depan pasarnya terus menguat seiring stabilnya pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kelas menengah. Karena itu, pengembangan SDM pilot melalui sekolah pilot di Banyuwangi ini akan sangat mendukung terciptanya industri penerbangan nasional yang kompetitif,” beber Anas.

Ditambahkan Anas, ASEAN Open Sky 2015 hingga kebijakan pasar penerbangan tunggal ASEAN 2020, membutuhkan setidaknya tambahan 4.000 pilot, 1.000 pengatur lalu lintas, dan 4.500 teknisi. “Banyuwangi ingin ikut berkontribusi dalam hal penciptaan pilot,” pungkas Anas.(kampus.okezone.com)

10 thoughts on “Asyik, Ada Sekolah Negeri Pilot Lagi

  1. Ping-balik: 悉尼二手车
  2. Ping-balik: 홀덤사이트
  3. Ping-balik: 포커에이스
  4. Ping-balik: replica watches
  5. Ping-balik: blogg innlegg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.