Asesor dituntut kuasai elemen kurikulum 2013

oleh -5 views
kemdiknas.go.id
Arrief Ramdhani

 

kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

ASESOR dan calon asesor dituntut mengetahui dan menguasai elemen-elemen Kurikulum 2013, sehingga mampu mengimplementasikannya secara baik dan benar, kata Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta Wardan Suyanto.
“Hal itu penting karena ada perubahan `mindset` dalam Kurikulum 2013,” katanya pada sosialisasi konsep dan implementasi Kurikulum 2013 bagi asesor dan calon asesor sertifikasi guru rayon 111 di Yogyakarta, Jumat.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Perubahan itu, menurut dia, menuntut usaha ekstra dari semua pihak, karena memang setiap perubahan memerlukan energi yang lebih banyak.

Ia mengatakan asesor yang akan bertugas menyampaikan materi dalam Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2013 itu, juga ikut bertanggung jawab dalam usaha meningkatkan kompetensi guru di Indonesia.

“Guru yang mengikuti sertifikasi atau PLPG seharusnya memiliki kompetensi yang lebih baik, dan tentu melebihi kompetensi guru yang tidak ikut sertifikasi,” katanya.

Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Wawan Sundawan Suherman mengatakan, asesor yang ada di rayon 111 sebanyak 597 orang yang sudah memiliki Nomor Induk Asesor (NIA), sedangkan calon asesor baru sebanyak 110 orang.

“Selama empat hari yang terbagi menjadi dua gelombang, asesor dan calon asesor mengikuti pembekalan implementasi Kurikulum 2013 dengan narasumber dari Pusat Pengembangan Profesi Didik dan tim nasional dari Jakarta,” katanya.

Kepala Pusat Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Profesi Nonkependidikan (P4TKN) Edi Purwanto mengatakan, jumlah guru yang akan mengikuti PLPG di rayon 111 pada 2013 sebanyak 7.280 orang dari 58 mata pelajaran dan 36 program studi.

“Jumlah guru peserta terbanyak dari program studi PGSD sebanyak 2.400 guru, PAUD sebanyak 2.300 guru, dan FIK sebanyak 757 guru. Mereka akan mulai mengikuti PLPG yang gelombang pertama dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2013,” kata ketua pelaksana sosialisasi itu.

Sosialisasi konsep dan implementasi Kurikulum 2013 bagi asesor dan calon asesor sertifikasi guru rayon 111 itu diselenggarakan (P4TKN) LPPMP UNY.(antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.