Anugerah Motekar, Apresiasi Inovasi Anak Bangsa

oleh -10 views
Logo Unpad
Arrief Ramdhani
Logo Unpad
Logo Unpad

UNIVERSITAS Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan Anugerah Motekar Unpad 2013 untuk mengapresiasi karya inovatif, serta menginspirasi masyarakat Indonesia.
‘Anugerah Motekar Universitas Padjadjaran’ adalah sebuah penghargaan kepada para inovator dan pengabdi di Indonesia yang berkontribusi nyata dalam pembangunan bangsa. Menurut Kepala Bidang Humas Unpad Bambang Hermanto, Anugerah Motekar Unpad 2013 kali ini bertema ‘Melepas Belenggu, Mengembangkan Kreativitas’.

“Ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai produk atau upaya kreatif, inovatif, fungsional dan di luar kebiasaan (thinking out of the box),” kata Bambang seperti dikutip Antara, Minggu (17/11/2013).

Anugerah itu diselenggarakan pertama kali pada 2012 dan akan menjadi agenda tahunan dalam rangka dies natalis perguruan tinggi itu.

Pertama kali kegiatan ini dilaksanakan pada 2012 dengan peserta khusus bagi kalangan internal Unpad. “Tahun 2013, anugerah ini terbuka untuk umum, apresiasi karya inovasi, kreatif, fungsional dan di luar kebiasaan,” kata Bambang.

Pendaftaran dibuka hingga 19 November 2013. Kriterianya warga negara Indonesia, memiliki inovasi berupa karya berwujud yang telah atau berpotensi dimanfaatkan di Indonesia. Atau karya itu melakukan rekayasa sosial dalam jangka waktu relatif panjang dan berkelanjutan di wilayah Indonesia.

Bambang menyebutkan, tiga kategori Anugerah Motekar Unpad 2013 yaitu Inovasi Teknologi, Inovasi Ekonomi Kreatif, dan Rekayasa Sosial.

Kategori Inovasi Teknologi yang dimaksud adalah inovasi di seluruh bidang kehidupan yang dapat mengatasi sebagian masalah nasional serta memiliki daya ungkit terhadap kesejahteraan masyarakat. Pemenang kategori ini akan memperoleh penghargaan “Rucita Teknologi”.

Kategori Inovasi Ekonomi Kreatif adalah inovasi di bidang periklanan, arsitektur, seni, kerajinan, desain, fesyen, film, musik, seni pertunjukkan, penerbitan, perangkat lunak, mainan dan permainan, televisi dan radio, serta permainan video. Pemenang kategori ini akan memperoleh penghargaan ‘Rucita Ekonomi Kreatif’.

Sementara kategori Rekayasa Sosial adalah upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok masyarakat untuk menyelesaikan masalah penting dan mendesak dengan penuh tanggung jawab. Pemenang kategori ini akan memperoleh penghargaan “Rucita Rekayasa Sosial”.

Penilaian kategori inovasi pada anugerah itu, kata dia, didasari kriteria orisinalitas, inovasi, inspirasi, manfaat dan dampak bagi masyarakat.

“Khusus penilaian pada kategori rekayasa sosial didasari aspek dedikasi, kreativitas, inspirasi, manfaat, dampak dan pengakuan dari masyarakat,” ucapnya.

Penilaian karya inovasi dan rekayasa sosial akan dilakukan melalui tahap evaluasi formulir pendaftaran dan verifikasi lapangan untuk para peserta yang lolos tahap pertama.
“Informasi lengkap termasuk formulir pendaftaran dapat diunduh di www.unpad.ac.id/motekar,” kata juru bicara Universitas Padjadjaran itu.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.