Anies tegaskan pendidikan bukan hanya urusan pemerintah

oleh -1 views
indonesianfutureleaders.org
Arrief Ramdhani
indonesianfutureleaders.org
indonesianfutureleaders.org

PENDIDIKAN bukan hanya menjadi urusan pemerintah, tetapi juga menjadi kepentingan dan tanggung jawab bersama, kata Ketua Gerakan Indonesia Mengajar Anies Rasyid Baswedan.
“Secara moral kita bertanggung jawab terhadap pendidikan bangsa,” katanya pada kuliah umum yang diikuti ratusan mahasiswa di Auditorium Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, secara konstitusional pendidikan merupakan tanggung jawab pemerintah. Namun secara moral, aktivitas mendidik bangsa menjadi tanggung jawab orang-orang terdidik.

Keterlibatan masyarakat dalam upaya memberikan pendidikan, kata dia, sangat dibutuhkan, dibandingkan hanya diam dan berpangku tangan kepada pemerintah.

“Kalau kita perhatikan para pejabat yang memegang urusan berkaitan dengan pendidikan itu paling repot, karena semua berharap dapat bantuan pendidikan,” katanya.

Ia mengatakan rasa tanggung jawab itu yang menginspirasi dirinya untuk mengembangkan Gerakan Indonesia Mengajar, dengan mengirimkan para pemuda terdidik untuk mengajar di berbagai pelosok negeri.

Kehadiran para pengajar muda terdidik ke berbagai daerah terpencil di Indonesia itu, menurut dia, sangat membantu upaya mengatasi masalah rendahnya kualitas guru sehingga muatan pendidikan tidak tersampaikan dengan baik.

“Mereka diharapkan menjadi inspirator generasi muda lainnya. Dengan pendidikan yang baik bangsa ini akan mampu menjawab tantangan,” katanya.

Menurut dia, Indonesia merupakan negara yang sangat berpotensi menjadi besar tetapi belum didukung tingkat pendidikan generasi mudanya.

“Tugas kita sekarang adalah memastikan para pemuda mendapat pendidikan yang bermutu, berkarakter, mandiri, dan mampu melampaui cita-citanya,” kata Anies.(antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.