Anggaran Rp 65 Miliar untuk Produk Inovasi Perguruan Tinggi

Wednesday 09 March 2016 , 2:44 AM
Ilustrasi (www.beritabekasi.co)

Ilustrasi (www.beritabekasi.co)

KEMENTERIAN Riset Tekologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menggelontorkan dana Rp 65 miliar untuk produk inovasi perguruan tinggi di industri. Total terdapat tujuh produk inovasi dari enam perguruan tinggi nasional berbadan hukum (PTNBH) yang didanai mulai tahun 2016 ini.

Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti Jumain Appe mengungkapkan, pendanaan tersebut merupakan upaya untuk mendorong hasil riset di perguruan tinggi menjadi produk yang memiliki nilai jual dan daya saing.

“Kerjasama ini akan berlangsung multiyears. Untuk tahun ini, anggaran Rp 65 miliar, sehingga masing-masing rata-rata dibiayai Rp 9 miliar. Tahun depan anggaran ini akan kami upayakan untuk ditingkatkan,” tuturnya seusai acara penandatanganan kontrak Inovasi Perguruan Tinggi di Industri, di Jakarta.

Dua dari tujuh produk inovasi tersebut merupakan hasil riset Institut Teknologi Bandung (ITB). Yaitu pengembangan dan produksi radar nasional, serta perangkat Base Station dan Smartphone 4G.

Selain ITB, lima perguruan tinggi lainnya dan juga produk risetnya adalah Institut Pertanian Bogor dengan start up industri benih padi IPB 3S, Universitas Gajah Mada (Technomed Factory: Hilirisasi produk alat kesehatan unggulan UGM), Universitas Indonesia (Teknologi unggulan untu produksi radar nasional), Universitas Hasanuddin (Pengembangan industri perbibitan sapi lokal berbasis iptek), serta Institut Teknologi Sepuluh November (Kosep inovasi desain fish carrier 30, 60, 200, 300 GT).(pikiran-rakyat.com)

 

Comments are closed.