Anggaran Pendidikan 2015 Capai Rp404 T

oleh -2 views
Arrief Ramdhani
SDN-Cikupa
Ilustrasi

SETIAP tahun, alokasi dana pendidikan mendapat porsi besar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pada 2015 mendatang, pemerintah mengalokasikan Rp404,0 triliun untuk anggaran pendidikan.
Dalam pidato kenegaraan tentang Nota Keuangan RAPBN 2015 hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan rasa syukur atas sudah terpenuhinya amanat konstitusi untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN.

“Kita bersyukur, dari tahun ke tahun, alokasi anggaran pendidikan dapat terus kita tingkatkan. Dalam tahun 2014 anggaran pendidikan telah mencapai Rp375,4 triliun dan tahun 2015 mendatang direncanakan sebesar Rp404,0 triliun,” kata SBY dalam sidang paripurna di Gedung DPR RI, Jumat (15/8/2014).

Peningkatan anggaran pendidikan menjadi indikator meningkatnya pembangunan di Tanah Air. Presiden menyebut, dalam sepuluh tahun, anggaran pendidikan naik enam kali lipat. “Dari Rp62,7 triliun menjadi Rp375,4 triliun,” imbuhnya.

Alokasi anggaran pendidikan digunakan untuk belanja pegawai dan gaji guru, pembangunan fasilitas dan sarana sekolah serta pemberian beasiswa. Anggaran pendidikan ini tidak hanya dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetapi juga oleh kementerian lain yang menjalankan fungsi pendidikan. (kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.