Anak Muda harus Punya Semangat Wirausaha

oleh -4 views
Ilustrasi (okezone.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

GENERASI muda Indonesia harus memiliki semangat kewirausahaan, tidak boleh hanya berpikir menjadi karyawan. Dengan menjadi pengusaha, siapa pun mampu membuka kesempatan kerja bagi diri sendiri dan orang lain.

Berusaha menanamkan mental kewirausahaan, Tanoto Foundation dan Magister Management (MM) Universitas Indonesia (UI) menggelar Tanoto Entrepreneurship Series in Partnership with MM FEUI. Dalam ajang tahunan itu, tema yang diusung adalah Branding and Global Entrepreneurship.

“Data Kementerian Koperasi dan UKM pada 2013, jumlah entrepreneurship di Indonesia baru 1,5 persen dari jumlah penduduk. Sementara untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia butuh 2 persen dari seluruh penduduk Indonesia, yakni sekira 1,25 juta penduduk,” ujar Board of Trustees Tanoto Foundation Imelda Tanoto di Plaza UOB, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (31/10/2014).

Sebelum menyelami lebih dalam dunia bisnis, Imelda pun mengajak para peserta untuk kembali merenungkan arti seorang pengusaha. “Apa itu entrepreneur? Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mengatakan entrepreneur harus punya mental tahan banting dan mampu melalui jalan naik-turun,” paparnya.

Menurut Imelda, memiliki semangat kewirausaan sangat penting dalam diri kaum muda. Oleh karena itu, dia selalu memegang dua prinsip utama sang ayah Sukanto Tanoto dalam menjadi seorang pengusaha.

“Pertama, jangan pernah menyerah tanpa perjuangan. Ini esensi semangat kemandirian dan pantang menyerah. Kedua, mempunyaipassion. Sehingga, kita akan selalu mencari tahu dan tekun untuk belajar dari kegagalan,” imbuhnya.

Terakhir, dia berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk tidak hanya memperkaya diri sendiri tapi juga berbagi dengan orang lain.

“Ayah dan ibu mulai bisnis dari nol dan ingin terus berkontribusi kepada masyarakat. Semoga di akhir acara dibekali dengan tekad tidak hanya memperbaiki diri tapi juga keinginan untuk terus berkontribusi bagi orang lain,” tutur Imelda.

Dalam Tanoto Entrepreneurship Series in Partnership with MM FEUI kali ini, hadir dua pengusaha sukses dalam dua bidang industri berbeda sebagai pembicara. Mereka adalah Chairman Garuda Food Shudamek AWS dan Pemilik Niluh Djelantik Shoes Niluh Djelantik.(kampus.okezone.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.